Rabu, 22 May 2019
radarbojonegoro
icon featured
Tuban

NGRR Mau Berdiri, Status Polres Dikaji

28 Maret 2019, 17: 56: 46 WIB | editor : Amin Fauzie

DIKAJI: Tim Rorena Polda Jatim saat memberi arahan tentang kenaikan status Polres Tuban jadi tipe B.

DIKAJI: Tim Rorena Polda Jatim saat memberi arahan tentang kenaikan status Polres Tuban jadi tipe B. (YUDHA SATRIA ADITAMA/JAWA POS RADAR TUBAN)

TUBAN – Rencana pendirian kilang New Grass Root Refinery (NGRR) di Kecamatan Jenu disambut dengan kajian perencanaan peningkatan status Polres Tuban dari tipe C menjadi tipe B. Kajian awal, tim penguji Rorena (Biro Perencanaan dan Anggaran) Polda Jatim yang dipimpin AKBP Sri Budayah mengunjungi Polres Tuban. Tujuannya mengecek persiapan infrastruktur serta memberi arahan lebih lanjut kepada jajaran perwira polres dan polsek.

Kasubbag Humas Polres Tuban Iptu Suganda mengatakan, banyak hal yang diuji untuk kelaikan kenaikan status polres. Antara lain kelaikan sarana dan prasarana mako, polsek, serta sumber daya manusia atau jumlah personel. Selain itu, banyaknya objek vital di Tuban juga menjadi pertimbangan khusus untuk menyegarakan Polres Tuban menjadi tipe B. ‘’Kapolda punya atensi untuk mengusulkan dari polres tipe C ke B, salah satunya Polres Tuban,’’ kata Suganda.

Mantan wakapolsek Semanding ini mengatakan, pertimbangan utama pengkajian kenaikan Polres Tuban jadi tipe B adalah terkait rencana pendirian kilang NGRR. Kilang yang diwacanakan terbesar di Asia Tenggara tersebut membutuhkan pengamanan dengan jumlah personel cukup banyak. ‘’Apalagi di Tuban masih ada objek vital dan perusahaan multinasional yang tengah dalam penjagaan petugas,’’ tutur dia.

Sementara untuk kategori kriminalitas sementara ini Tuban belum termasuk zona rawan. Angka kriminalitas masih rendah jika dibandingkan dengan polresta tipe B kota lainnya. Namun, tim Rorena Polda Jatim mengkaji salah satu dampak pendirian objek vital adalah peningkatan angka krimnalitas. ‘’Kriminalitas saat ini masih landai, tapi prospek ke depan seiring dibangunnya kilang akan meningkatkan angka pelaku kejahatan,’’ kata Suganda. Untuk menanggulangi potensi tersebut, Polres Tuban, lanjut dia, perlu kenaikan tingkat.

(bj/yud/ds/yan/min/JPR)

 TOP
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia