Jumat, 22 Nov 2019
radarbojonegoro
icon featured
Tuban
Gelar Prestasi SMAN 1 Tuban 2019

Sukses Cetak Siswa Peraih 222 Penghargaan

Selama Tahun Pelajaran 2018-2019

28 Maret 2019, 08: 00: 59 WIB | editor : Amin Fauzie

PAHLAWAN TANPA TANDA JASA: Kepala SMAN 1 Tuban H. Mukti M.Pd bersama jajaran wakil kepala sekolah, ketua, serta pengurus komite, dan guru SMAN 1 Tuban yang siap mencetak generasi berpestasi yang kompetitif dan berkarakter.

PAHLAWAN TANPA TANDA JASA: Kepala SMAN 1 Tuban H. Mukti M.Pd bersama jajaran wakil kepala sekolah, ketua, serta pengurus komite, dan guru SMAN 1 Tuban yang siap mencetak generasi berpestasi yang kompetitif dan berkarakter. (YUDHA SATRIA ADITAMA/JAWA POS RADAR TUBAN)

Share this      

TUBAN – Sebanyak 222 prestasi dicetak siswa-siswi SMAN 1 Tuban selama tahun pelajaran 2018-2019. Jumlah tersebut dipastikan bertambah mengingat sejumlah siswa masih berkompetisi dan belum melaporkan raihan prestasi terbarunya.

Dalam rangka memberikan penghormatan dan apresiasi kepada siswa yang berprestasi, sekolah rujukan nasional ini Selasa (26/3) pagi menggelar Apel Gelar Prestasi di halaman sekolah.

SUKSES: Siswa-siswi berprestasi nasional, provinsi, dan kabupaten foto bersama Kepala SMAN 1 Tuban H. Mukti M.Pd.

SUKSES: Siswa-siswi berprestasi nasional, provinsi, dan kabupaten foto bersama Kepala SMAN 1 Tuban H. Mukti M.Pd. (YUDHA SATRIA ADITAMA/JAWA POS RADAR TUBAN)

Pada acara tersebut, ratusan siswa yang mengukir prestasi secara khusus diberikan penghormatan di depan orang tuanya yang juga diundang. Seluruh prestasi siswa di bidang akademik dan nonakademik diapresiasi. Mulai dari olimpiade, lomba karya tulis ilmiah, kompetisi seni, budaya, olahraga, dan bidang lainnya. Sebagai wujud persembahan prestasi, para siswa secara simbolis menyerahkan piala, medali, atau piagam kejuaraan kepada sekolah.

Kepala SMAN 1 Tuban H. Mukti, M.Pd dalam sambutannya mengaku bangga dan bersyukur karena setiap tahun prestasi yang diraih anak didiknya selalu meningkat. Pada gelar prestasi 2018, tercatat sebanyak 111 penghargaan. Sementara pada gelar prestasi 2019 ini, menyumbang 222 prestasi. Sebagian besar berprestasi level nasional dan provinsi. Selebihnya level kabupaten dan regional. ‘’Dengan bangga, kami ucapkan selamat atas raihan prestasi kalian,’’ tegas Mukti.

Pendidik senior lulusan pascasarjana teknologi pendidikan Universitas Negeri Surabaya (Unesa) ini mengatakan, raihan prestasi siswa harus diapresiasi. Keberhasilan SMAN 1 Tuban dalam meraih banyak prestasi ini, kata Mukti, tidak lepas dari peran bapak/ibu guru dan orang tua yang terus mendorong siswa untuk menekuni bakat dan minat masing-masing. ‘’Siswa dan lulusan SMAN 1 Tuban harus cerdas dalam segala hal agar mampu bersaing di era global,’’ ujar dia.

Selain mengukir prestasi, anak didiknya juga sukses mengisi kursi perguruan tinggi negeri (PTN) favorit melalui jalur seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN). Dari 40 persen kuota undangan (132 siswa), sebanyak 49 siswa dinyatakan diterima. Jumlah tersebut terbanyak di Tuban, karena dari 165 siswa di Bumi Wali yang diterima melalui jalur undangan, 49 siswa di antaranya dari lembaga pendidikan di Jalan WR Supratman 2 Tuban ini.

Selain sukses menembus SNMPTN, sebagian siswa tengah menunggu pengumuman di sekoah kedinasan dan berjuang melalui jalur tes atau SBMPTN. Bahkan, sebagian dari mereka mendapat beasiswa dari sejumlah kampus favorit dan unggulan di tanah air.

Mukti berharap prestasi tersebut mempertahankan sejarah SMAN 1 Tuban sebagai sekolah unggulan yang mencetak siswa kompetitif dan berkarakter. ‘’Semoga kalian selalu bisa jadi orang yang sukses, dunia dan akhirat’’ kata dia.

Mukti menambahkan, dengan gelar prestasi tersebut diharapkan siswa terus termotivasi. Sehingga, mampu mencetak prestasi lain di bidang keahlian masing-masing. ‘’Mari bersama-sama mewujudkan insan Indonesia yang berkepribadian Pancasila, yang dapat mengembangkan multikecerdasan, dan mampu bersaing secara global,’’ tutur Mukti mengutip visi sekolah untuk membakar semangat para siswa.

Pendidik yang berdomisili di Kecamatan Merakurak ini menambahkan, dengan prestasi-prestasi yang ditoreh, para siswa memiliki kebanggaan dan ikatan emosional setelah lulus. ‘’Banyak lulusan SMAN 1 Tuban yang sukses berkiprah di tingkat nasional-internasional sesuai bidang masing-masing. Dan, mereka tidak pernah melupakan almamaternya sebagai lulusan SMAN 1 Tuban,’’ tegas Mukti.

(bj/yud/ds/min/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia