Selasa, 20 Aug 2019
radarbojonegoro
icon featured
Tuban

165 Siswa SMAN Diterima SNMPTN

25 Maret 2019, 19: 38: 48 WIB | editor : Ebiet A. Mubarok

lolos SNMPTN

lolos SNMPTN (Istimewa/Jawa Pos Radar Tuban)

Share this      

TUBAN – Hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun ini cukup menggembirakan. Jawa Timur sebagai provinsi terbanyak yang meloloskan siswa sekolah menengah atas (SMA) ke perguruan tinggi negeri (PTN) se-Indonesia. 

Dari laporan yang terima Jawa Pos Radar Tuban, sebanyak 165 siswa dari 16 SMA negeri se-Tuban mengisi kursi di kampus-kampus favorit tersebut.

Dari jumlah tersebut, SMAN 1 Tuban menduduki posisi wahid. Sebanyak 49 siswanya sukses meraih kursi di kampus-kampus favorit tanah air. Posisi kedua SMAN 2 Tuban (23 siswa), SMAN 3 Tuban (21 siswa), dan SMAN 1 Jatirogo (14 siswa).

Berikutnya, SMAN 5 Tuban, SMAN Rengel dan SMAN 1 Singgahan masing-masing 10 siswa. Sementara tercatat empat sekolah yang tidak meloloskan satu pun siswanya. Yakni, SMAN 1 Widang, SMAN 1 Kerek, SMAN 1 Grabagan, dan SMAN 1 Senori. 

Jumlah siswa yang lolos SNMPTN tersebut sangat mungkin bertambah mengingat jenjang SMK belum terdata. Untuk SMA swasta, baru SMA Al Huda yang terdata berhasil mengantarkan satu siswanya ke PTN. 

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Tuban Suparlin mengatakan, daftar siswa yang diterima SNMPTN belum masuk seluruhnya. Kemungkinan daftar siswa yang diterima SNMPN terus bertambah. Sebab, sejumlah siswa belum melaporkan ke sekolahnya karena masih libur. Dia memastikan, jumlah siswa Tuban yang diterima di PTN tahun ini meningkat dari tahun lalu. 

Pendidik jebolan S-2 Curtin University of Technology, Perth, Australia ini mengatakan, sejauh ini kampus negeri di Jawa Timur masih menjadi idola siswa-siswi Bumi Wali. Sebagian kecil di kampus negeri Jawa Tengah dan Jawa Barat. 

Dia optimistis banyak siswa di Tuban yang menyusul mengisi kursi di sejumlah kampus negeri melalui jalur tulis atau seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN). 

Sejauh ini berdasarkan data, siswa Tuban yang diterima SNMPTN terbanyak mendaftar di Universitas Brawijaya (UB) Malang, Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Universitas Trunojoyo Madura (UTM), dan Universitas Negeri Malang (UM). Sementara sebagian kecil lainnya di Universitas Gajah Mada (UGM) Tuban, Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, Universitas Negeri Surabaya (Unesa) dan Universitas Negeri Jember (Unej).

(bj/yud/ds/yan/bet/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia