Selasa, 21 May 2019
radarbojonegoro
icon featured
Lamongan

Tiga Lahan Pemkab Dihibahkan

25 Maret 2019, 19: 32: 27 WIB | editor : Ebiet A. Mubarok

DIHIBAHKN : Gedung baru BPS Lamongan di Jalan Veteran. Lahannya berasal dari hibah Pemkab Lamongan.

DIHIBAHKN : Gedung baru BPS Lamongan di Jalan Veteran. Lahannya berasal dari hibah Pemkab Lamongan. (Anjar D. Pradipta/Jawa Pos Radar Lamongan)

LAMONGAN -  Tiga lahan aset Pemkab Lamongan dihibahkan untuk gedung BPS, BPKAD, dan polres. "Istilahnya hibah karena dimanfaatkan instansi penerima secara cuma-cuma, bukan lelang atau lainnya," ujar Kasi Penataan Gedung dan Lingkungan Dinas Perkim Lamongan, Sukiman, Minggu (24/3). 

Menurut dia, hibah tersebut sesuai usulan pengguna karena masing-masing belum punya gudang. Sehingga mengajukan hibah kepada pemkab. Sedangkn bangunan kan dibangun sendiri oleh instansi terkait dan bisa sharing. Menurutnya tahun ini hibah dilakukan paling banyak. ‘’Biasanya hanya satu gedung saja. Alasannya, kebutuhan ketiga gudang tersebut mendesak,’’ ujarnya. 

Sukiman menuturkan, setiap gudang nilainya berbeda. Untuk gedung BPS, nilainya  sama dengan kantor baru di jalan Veteran. Hibah ini disebut vertikal, karena bukan digunakan instansi milik pemerintah daerah. Nilainya sekitar Rp 300 juta. Termasuk gedang untuk menyimpan kendaraan Sabhara Polres. Nilainya sekitar Rp 1,2 miliar. Kedua instansi tersebut mengajukan hibah ke pemkab, slanjutnya pemkab berhak memberi apabila ada. Satunya hibah gudang BPKAD, karena untuk instansi pemkab sndiri, sehingga fungsinya untuk menyimpan aset pemkab. "Semuanya sudah tuntas, jadi terserah yang dihibahi lanjutannya," terangnya. 

Dia menjelaskan, terkait hibah gedung menjadi kewenangan instansinya. Sedangkan untuk serah terima aset bangunan, dia belum bisa memastikan. Karena kendala sistem serah terima aset lama belum rampung. "Seharusnya bisa dilakukan pembangunan sekarang, tapi belum bisa karena kendala aset," tuturnya.

(bj/jar/rka/feb/bet/JPR)

 TOP
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia