Kamis, 14 Nov 2019
radarbojonegoro
icon featured
Lamongan

UNBK SMK Tahun Ini Tambah 20 Siswa

25 Maret 2019, 10: 30: 59 WIB | editor : Amin Fauzie

MENEMPEL KARTU PESERTA: Salah seorang guru menempel kartu peserta pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer.

MENEMPEL KARTU PESERTA: Salah seorang guru menempel kartu peserta pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer. (ANJAR DWI PRADIPTA/JAWA POS RADAR LAMONGAN)

Share this      

KOTA - Pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) jenjang SMK dimulai hari ini (25/3). Berdasarkan data Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Lamongan, jumlah peserta naik 20 siswa dibandingkan tahun lalu yang 6.374 siswa.

‘’Kesadaran untuk belajar 12 tahun memang tumbuh, jadi peserta ujian lebih banyak, " ujar Kepala Cabang Disdik Provinsi Jawa Timur Wilayah Lamongan, Sri Yuliarsih.

Menurut dia, lembaga penyelenggara ujian juga lebih banyak. Jika tahun lalu hanya 72 lembaga, maka tahun ini terdata 76 lembaga. Hanya empat lembaga lainnya yang masih menumpang karena terkendala akreditasi, jumlah siswa, dan keterbatasan sarpras. Menurut Yuli, rerata lembaga menumpang karena kurang siswa. Yuli mengklaim tahun ini pelaksanaannya bakal lebih lancar. Alasannya, seluruh kesalahan sudah diantisipasi sejak awal.

Dia mencontohkan kerjasama dengan lembaga yang ditumpangi dan memastikan jarak lembaga yang ditumpangi dekat.

‘’Semoga pelaksanaannya bisa berjalan lancar selama empat hari ke depan,’’ harapnya.

Terkait UNBK, lanjut dia, seluruhnya berbasis komputer. Tidak ada yang menggunakan smartphone karena regulasinya tidak ada. Pemanfaatan alternatif media smartphone hanya untuk USBN SMA.

(bj/rka/jar/yan/min/JPR)

Jawa Pos Digital
E-Paper
Most Read
 TOP
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia