Selasa, 20 Aug 2019
radarbojonegoro
icon featured
Features
Terobosan Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field

Dari Air Mengalir Kesejahteraan Warga

23 Maret 2019, 17: 00: 51 WIB | editor : Amin Fauzie

MENGALIR KESEJAHTERAAN: Warga menunjukkan air yang mengalir lancar dari pengeboran yang dibiayai oleh Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field.

MENGALIR KESEJAHTERAAN: Warga menunjukkan air yang mengalir lancar dari pengeboran yang dibiayai oleh Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field. (MUHAMMAD SUAEB/JAWA POS RADAR BOJONEGORO)

Share this      

WAJAH Semringah terlihat di bahasa tubuh warga sekitar wilayah operasi Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field. Sudah setahun terakhir ini, warga yang sebelumnya kekurangan air bersih. Setelah ada program air bersih dari Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field, warga Desa Sambiroto dan Ngampel, Kecamatan Kapas, serta Desa Campurrejo, Kecamatan Kota, tak lagi kesulitan air untuk beutuhan sehari-hari. 

Senja mulai menguning, sore itu (22/3). Beberapa bocah yang sedang bermain di halaman rumah warga Desa Sambiroto, Kecamatan Kapas, membubarkan diri untuk pulang ke rumahnya masing-masing. Mereka bergegas masuk kamar mandi untuk membersihkan badannya.

Wajah semringah generasi penerus bangsa ini pecah. Setelah setahun terakhir tak lagi kesulitan air. Sebelumnya selalu kesulitan air bersih, terutama saat musim kemarau. Kebutuhan air itu terpenuhi setelah warga memutuskan mencari sumber mata air di Dusun Siwalan, Desa Sambiroto, Kecamatan Kapas.

SUMBER AIR: Warga menunjukkan pipa sumber air. Bantuan sumber air ini bisa mengaliri 195 rumah warga.

SUMBER AIR: Warga menunjukkan pipa sumber air. Bantuan sumber air ini bisa mengaliri 195 rumah warga. (MUHAMMAD SUAEB/JAWA POS RADAR BOJONEGORO)

Di lokasi tersebut telah dibor mencari sumber airnya. Dengan kedalaman sekitar 60 meter, air dengan lancar memancar ke penampungan dan dialirkan ke permukiman warga.

Semua kegiatan itu dibiayai dari program air bersih yang di-support oleh Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field. “Alhamdulillah, setelah ada sumber air ini warga tak lagi kesulitan air,” tutur Suyitno salah satu penikmat air dari pengeboran dibiayai Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field itu.

Pria berusia 55 tahun itu menuturkan, sebelum ada pengeboran sumber air itu, banyak warga yang kesulitan air. Khususnya saat musim kemarau. Sebab, sumur milik warga yang kedalamannya tak lebih dari 10 meter, kerap kering saat musim kemarau.

Sehingga, warga yang dulu kekeringan, terpaksa mengungsi ke beberapa daerah untuk mencari air, demi mencukupi kebutuhan sehari-hari. Maklum, air merupakan kebutuhan dasar semua mahluk hidup, khususnya manusia.

“Lah bagaimana, bangun tidur yang dicari juga air,” ungkapnya sambil tersenyum.

Dia menceritakan, pengelolaan air bersumber dari sumur yang dibor dari biaya Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field itu, saat ini dikelola oleh badan usaha milik desa (BUMDes). Sehingga, pengelolaannya sudah profesional.

Semangat BUMDes bukan hanya profit. Namun juga pelayanan kepada masyarakat. Saat ini, satu mata air yang pengeborannya dibiayai oleh Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field  itu, sudah mengaliri 195 rumah.

Mulai dari RT 13, 14, 15, 16, dan 17. Namun, untuk RT 17 belum semua warga. Karena keterbatasan kapasitas sumber air. Sehingga, pengelola BUMDes, terpaksa membatasinya sebelum ada penambahan sumber mata air.

“Kami prioritaskan warga terdekat mata air dulu, karena kalau terlalu banyak nanti pelayanan tidak maksimal,” ucap Ketua BUMDes Sejahtera Desa Sambiroto Adnan.

Bapak empat anak itu menceritakan, bantuan dari Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field tentang pengelolaan air bersih sangat membantu masyarakat. Karena dari program tersebut, bisa dirasakan oleh masyarakat.

Harapannya ke depan ada lagi program yang sama. Karena masih ada beberapa rumah belum teraliri air bersih. Dengan adanya sumber air ini, telah mengalir kesejahteraan untuk warga di seputar lapangan Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field.

“Sangat membantu masyarakat, semoga bisa dikembangkan,” ujarnya.

Sementara itu, Humas Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field Angga Aria menyebutkan program air besrih ini sudah berlangsung di beberapa desa sekitar lapangan Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field.

Selain di Desa Sambiroto, Juga di Desa Ngampel, Kecamatan Kapas. Juga, Desa Campurrejo, Kecamatan Kota.

(bj/msu/min/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia