Selasa, 20 Aug 2019
radarbojonegoro
icon featured
Lamongan

Ajukan Jadwal Perekaman Biometrik

23 Maret 2019, 12: 00: 59 WIB | editor : Amin Fauzie

UNTUK PEREKAMAN BIOMETRIK: Petugas Kemenag Lamongan menginput data dan nomor paspor CJH.

UNTUK PEREKAMAN BIOMETRIK: Petugas Kemenag Lamongan menginput data dan nomor paspor CJH. (AUDINA HUTAMA PUTRI/JAWA POS RADAR LAMONGAN)

Share this      

LAMONGAN – Kementrian Agama (Kemenag) Lamongan mencatat 621 calon jamaah haji (CJH) sudah melunasi biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) Rp 36.586.945 hingga kemarin (22/3) siang.

Data tersebut berdasarkan berkas pelunasan CJH yang harus disetorkan kepada kemenag setempat. Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kemenag Lamongan, M Khoirul Anam, mengatakan, CJH menerima lima lembar pelunasan. Lembar untuk visa dan maskapai penerbangan, harus diserahkan ke kemenag.

‘’Lembar visa akan dikirim bersama paspor dan data biometrik ke Jakarta untuk penerbitan visa. Sedangkan lembar penerbangan akan dikirim ke Asrama Haji Surabaya. H-3 pemberangkatan lembar tersebut sudah diterima Saudi Arabia Airlines. Embarkasi Surabaya terbang menggunakan maskapai itu,’’ kata Anam saat ditemui di ruangannya, kemarin (22/3).

Meskipun telah menerima petunjuk teknis (juknis) pelunasan BPIH nonteller, Kemenag Lamongan belum melayani CJH yang ingin melunasi BPIH dengan sistem tersebut. Menurut Anam, sistem nonteller justru membuat lebih ribet. Pihak bank penerima setoran (BPS) harus melapor dan melimpahkan berkas-berkas pembayaran CJH kepada Kemenag.

‘’Istilahnya dua kali kerja, karena harus lapor dan kirim berkas. Apalagi ada sebagian CJH yang berdomisili di luar kota, daftar hajinya di Lamongan, tapi bayarnya di bank tempat domisilinya,’’ tambah pria berkacamata ini.

Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh saat ini menginput nama serta nomor paspor para CJH. Rencananya, minggu depan Anam mengajukan jadwal perekaman data biometrik kepada Visa Fasilitation Service Tasheel. Perekaman biometrik dilakukan di BG Junction Mall Surabaya.

‘’Kami mengajukan permohonan jadwal sekaligus melampirkan data CJH Lamongan yang sudah siap perekaman biometrik. Nanti kalau sudah dikonfirmasi Tasheel, baru kami akan mengkoordinir para calon jamaah,’’ ujar Anam.

Seperti diberitakan, tahun ini Lamongan dikuota  1.735 CJH.

(bj/yan/din/min/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia