Minggu, 21 Apr 2019
radarbojonegoro
icon featured
Nduk

Bangga Menjadi Diri Sendiri

22 Maret 2019, 22: 16: 44 WIB | editor : Amin Fauzie

Yayut Puji Nofitasari

Yayut Puji Nofitasari (Istimewa)

Menjadi bahagia adalah dambaan semua orang. Akan tetapi pada kenyataannya, mewujudkan impian untuk hidup bahagia tidaklah mudah. Banyak faktor yang memengaruhi tingkat kebahagiaan seseorang.

Selain itu, makna kebahagiaan bagi setiap individu mungkin saja berbeda. Sebagian orang mungkin mengaitkan kebahagiaan secara langsung dengan kehidupan yang nyaman dan kondisi finansial yang mapan.

Namun, bagi Yayut Puji Nofitasari, menjadi bahagia itu mudah. Yakni, cukup dengan menjadi diri kita sendiri, tanpa iri atas nikmat yang diperoleh orang lain. Dikatakan Yayut, sapaan akrabnya, orang yang tidak pernah iri terhadap kenikmatan orang lain memang cenderung lebih bahagia.

‘’Karena ketenangan hati yang dia miliki mampu membuat pikirannya selalu berpositif thinking terhadap keadaan apa pun,’’ Ujar mahasiswi semester delapan Fakultas Hukum Universitas Sunan Bonang (Unang) Tuban itu.

Gadis kelahiran 28 November 1994 ini mengatakan, satu masalah lain yang membuat dirinya kadang tidak merasa bahagia adalah ketika kebiasaan yang selalu membandingkan dengan kebahagiaan yang diperoleh orang lain. Merasa gelisah ketika melihat orang lain mendapat rezeki yang melebihi rezekinya, hatinya mulai tak tenang, hingga akhirnya timbul sifat untuk dengki.

‘’Dari sinilah nikmat bahagia itu tak lagi bisa dirasa,’’ kata gadis asal Desa Sugihwaras, Kecamatan Jenu itu.

Menurutnya, bahagia yang paling indah adalah ketika mampu menjadikan diri sendiri sebagai sumber kebahagiaan orang lain. Dan, hidup dengan perasaan selalu menjadi paling hebat di mata manusia, hanya akan membuatnya selalu merasa kurang atas nikmat yang diberikan Allah kepadanya.

‘’Karena itu saya menyadari, bahwa garis yang ditakdirkan Tuhan tidaklah sama. Jadi bagi kita, ada waktu untuk menilai kebahagiaan yang dirasakan orang lain,’’ tutur dia.

(bj/rza/ds/yan/min/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia