Minggu, 26 May 2019
radarbojonegoro
icon featured
Tuban
Akibat Terkikisnya Tebing Kali Kening

Satu Ambruk, Empat Tergerus

22 Maret 2019, 22: 12: 41 WIB | editor : Amin Fauzie

PORAK PORANDA: Salah satu rumah warga di Desa Sidodadi, Kecamatan Bangilan yang pondasinya terkikis air.

PORAK PORANDA: Salah satu rumah warga di Desa Sidodadi, Kecamatan Bangilan yang pondasinya terkikis air. (CANGGIH PUTRANTO/JAWA POS RADAR TUBAN)

TUBAN - Hujan deras yang mengguyur wilayah Kecamatan Bangilan dan sekitarnya selama hampir tiga pekan terakhir mengikis tebing Kali Kening di Dusun Mundri, Desa Sidodadi, kecamatan Bangilan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Jawa Pos Radar Tuban, longsor terparah terjadi Senin (18/3) sekitar pukul 20.00. Akibatnya, air menggerus pondasi lima rumah. Satu dari lima rumah tersebut ambruk pada ruang dapur dan kamar mandinya. Satu rumah lainnya pondasinya melayang setelah tanahnya terkikis. Tiga rumah lain juga mengalami hal yang sama. Hanya kondisinya tidak begitu parah.

Tebing sungai yang longsor menurut pantauan wartawan koran ini panjangnya kurang lebih 50 meter (m). Kedalamannya sekitar 20 m.

Kepala Desa Sidodadi Ali Subkhan ketika dikonfirmasi mengatakan, di Sidodadi titik rawan longsor tidak hanya di Mundri, namun juga di titik lainnya.

Subkhan mengakui, longsornya tebing sungai tersebut akibat tergerus air sungai yang deras dan meluap. Kondisi tersebut diperparah dengan tidak adanya tanggul di sepanjang Kali Kening.

Sementara itu, Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban Rustami Harjanto mengatakan, terhitung  sejak awal Januari hingga sekarang terjadi sebelas bencana tanah longsor.

Dia mengimbau masyarakat di kawasan pegunungan dan bantaran sungai untuk lebih waspada. ‘’Potensi bencana masih berpeluang,’’ kata dia. 

Dikonfirmasi terpisah, Koordinator Kajian Kebutuhan Pasca Bencana (Jitupasna) BPBD Kabupaten Tuban Frendi Setiawan menjelaskan,  pihaknya sudah melaporkan ke Balai Besar Wilayah Sungai, institusi yang berwenang menangani sungai. ‘’Semoga ada tindak lanjut,’’ tegas dia.

(bj/rza/ds/yan/can/min/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia