Minggu, 26 May 2019
radarbojonegoro
icon featured
Tuban

Luar Biasa, Unirow Terakreditasi B BAN PT

20 Maret 2019, 08: 34: 23 WIB | editor : Ebiet A. Mubarok

SUKSES: Rektor Unirow Supiana Dian Nurtjahyani bersama para wakil rektor sedang berfoto bersama asesor dari BAN PT.

SUKSES: Rektor Unirow Supiana Dian Nurtjahyani bersama para wakil rektor sedang berfoto bersama asesor dari BAN PT.

TUBAN - Komitmen menjadi perguruan tinggi yang bermutu pun akhirnya terbukti. Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban mendapat akreditasi dengan peringkat B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Memperoleh nilai B ini bukan semudah membalikkan tangan. Semua stakeholder di kampus ini bekerja keras. Semua saling bekerja sama untuk menjaga mutu pendidikan di perguruan tinggi.

Perolehan akreditasi B dari BAN PT tersebut, dimulai dari pembenahan akreditasi Program Studi (Prodi). Selain itu, penguatan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) sebagai dasar untuk Sistem Penilaian Mutu Ekternal (SPME).

SERIUS: Asesor BAN PT saat visistasi APT di Unirow. Para asesor memberikan pertanyaan pada pihak kampus.

SERIUS: Asesor BAN PT saat visistasi APT di Unirow. Para asesor memberikan pertanyaan pada pihak kampus.

SPME merupakan kegiatan penilaian melalui akreditasi untuk menentukan kelayakan dan tingkat pencapaian mutu program studi dan perguruan tinggi.

Proses visitasi telah dilakukan oleh para asesor pada 20-22 Februari 2019. Ada empat asesor yang hadir. Yakni Prof Paulus Israwan dari Universitas Jendral Soedirman, Prof Djukri dari Universitas Negeri Yogjakarta (UNY), Prof Armasastra Bahar dari Universitas Indonesia (UI), dan Dr. Daeng Paroka dari Universitas Hasanudin.

Para asesor pun banyak memberikan masukan serta apresiasi atas apa yang telah dilakukan Unirow selama ini.

Rektor Unirow Tuban, Supiana Dian Nurtjahyani, bersyukur dengan meningkatnya akreditasi Unirow. Yakni dari C menjadi B. Baginya, ini adalah capaian yang luar biasa.

‘’Kami sudah memperiapkan jauh-jauh hari. Kurang lebih membutuhkan waktu dua tahun,’’ kata dia. Dia mengungkapkan semua prodi di Unirow rerata sudah terakreditasi B. Di Unirow ada 16 prodi di lima fakultas. Dari 16 prodi tersebut ada 14 prodi yang telah terakreditasi B BAN PT.

Dari kondisi itulah, maka pihaknya pun mengajukan reakreditasi.

‘’Kami ingin kampus ini terus menjadi yang terbaik. Karena akreditasi progam studi dan perguruan tinggi merupakan amanah UU nomor 12 tahun 2012 dan Permenristekdikti nomor 32 tahun 2016 yang harus dilaksanakan untuk menjamin kelayakan dan mutu program studi dan perguruan tinggi,’’ ujar dia.

Selain itu, peningkatan akreditasi ke B tersebut, untuk menjamin kelayakan serta mutu program studi dan perguruan tinggi.

Dian berharap, peningkatan akreditasi Unirow dari C menuju B akan berdampak pada kualitas lulusan yang dihasilkan. Kemudian juga meningkatkan mutu pendidikan di Tuban.

Sementara itu, Ketua yayasan PPLP –PT PGRI Tuban, Totok Supijanto mengatakan dengan nilai B ini menjadi momentum bersama untuk terus menjaga kualitas pendidikan di Unirow.

‘’Kami bersyukur Unirow telah terakreditasi B,’’ kata dia.

Totok berharap nilai akreditasi dijaga lantas ditingkatkan. Kedepan Unirow bisa terus menjadi yang lebih baik. (*)

(bj/wid/*/bet/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia