Selasa, 21 May 2019
radarbojonegoro
icon featured
Yuk

Terinspirasi Drama Korea

19 Maret 2019, 16: 00: 59 WIB | editor : Amin Fauzie

Nur Annisa

Nur Annisa (Istimewa)

Serial drama Korea banyak digemari perempuan. Selain karena aktor dan aktrisnya yang rupawan, ide cerita yang diangkat juga menarik dan beragam genre. Nur Annisa, 18, mengaku sejak duduk di bangku SMP hobi menonton serial drama Korea.

Dia rajin streaming berbagai drama Korea melalui youtube. Annis tidak hanya menikmati jalan cerita drama Korea. Juga mengamati sisi sinematografinya.

‘’Alur cerita drama Korea tidak bertele-tele. Hanya beberapa episode saja sudah tamat. Sehingga ide cerita yang diangkat sangat masuk akal dibandingkan sinetron di Indonesia. Teknik pengambilan gambar juga halus saat ada perpindahan scene,’’ kata Annis kepada Jawa Pos Radar Lamongan, kemarin (18/3).

Mahasiswi jurusan Desain Komunikasi Visual ini berharap production house (PH) di Indonesia dapat mencontoh bagaimana proses pembuatan drama Korea. Menurut Annis, produksi drama sinetron di Indonesia kurang totalitas dari berbagai segi. Annis justru prihatin sinetron di Indonesia yang didominasi cerita-cerita konflik dan kebencian.

Drama Korea dinilai sarat cerita yang memiliki nilai-nilai positif dalam kehidupan. ‘’Sekarang drama di Indonesia yang disukai justru tentang azab dan penderitaan. Sedangkan drama Korea walaupun didominasi kisah percintaan tapi tidak melulu cengeng. Contohnya Descendant of The Sun tentang perjuangan militer. Lalu ada Fight for My Way tentang perjalanan meraih mimpi,’’ ujar gadis asal Kelurahan Sukomulyo, Kecamatan Lamongan ini.

Meskipun prihatin dengan kualitas sinetron di Indonesia, Annis tidak ingin hanya sekedar mengomentari. Dia bersama teman-temannya terkadang membuat konten video di youtube dengan ide cerita yang terinspirasi dari drama Korea. Jumlah viewers yang masih sedikit tidak jadi masalah buatnya. Justru dengan memproduksi video drama sendiri, Annis dapat belajar banyak tentang industri kreatif.

‘’Sekarang banyak yang menjadi youtuber. Ternyata memang memproduksi video dan di-upload ke youtube sangat seru. Karena bisa memancing ide-ide kreatif,’’ ujar Annis.

(bj/din/yan/min/JPR)

 TOP
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia