Minggu, 19 May 2019
radarbojonegoro
icon featured
Lamongan

Kena Parkir di Fasum Alun – Alun

18 Maret 2019, 15: 00: 59 WIB | editor : Amin Fauzie

DIKELUHKAN: Juru parkir memanfaatkan ramainya pengunjung alun – alun untuk menarik biaya parkir.

DIKELUHKAN: Juru parkir memanfaatkan ramainya pengunjung alun – alun untuk menarik biaya parkir. (ANJAR DWI PRADIPTA/JAWA POS RADAR LAMONGAN)

LAMONGAN – Keberadaan juru parkir di sekitar Alun – Alun Kota Lamongan dikeluhkan. Salah satu pengunjung alun - alun, Fitri, mengaku sempat kaget ketika ditarik biaya parkir.

Padahal, dia hanya mampir dan meletakkan kendaraan di kawasan dekat pendapa.  Fitri harus mengeluarkan uang biaya parkir Rp 2.000. “Saya kan warga Lamongan, sudah bayar parkir berlangganan, tapi masih ditarik. Kadang juga keberatan,” keluhnya.

Kepala Dinas Perhubungan Lamongan, A. Farikh, saat dikonfirmasi menyatakan, untuk keamanan area publik menjadi tanggung jawab tim. Ada sejumlah petugas yang berjaga di kawasan alun - alun.

Sesuai perencanaan instansinya, lanjut dia, tidak ada kegiatan parker di alun - alun. Alasannya, alun-alun menjadi area publik yang bebas dari parkir dan bisa dinikmati pejalan kaki sebagai pedestrian.

Petugas parkir yang sekarang memanfaatkan lahan seputar alun – alun, dinilai bukan dari instansinya. “Bukan, mereka bukan tim dari kita yang bertugas mengamankan,” ujarnya.

Menurut Farikh, seluruh area publik seharusnya bersih dari parkir. Kalau memang mau membuka usaha penitipan, sebaiknya memanfaatkan lahan pribadi. Tentunya ada jarak antara lokasi area publik dan lahannya. Karena itu, dia berencana melakukan penertiban sambil diupayakan penataan.

Selama ini, sesuai laporan yang diterima, tutur dia, pengguna jasa parkir tersebut merupakan perseorangan dan karang taruna.

Secara regulasi, menurut dia, area publik tidak boleh ada kegiatan parkir. Ada batasan minimal untuk dibuat usaha jasa tersebut. Karena itu, Farikh menilai perlu untuk koordinasi supaya tidak terjadi kecemburuan bagi mereka yang ingin memiliki usaha sama.

(bj/rka/yan/jar/min/JPR)

 TOP
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia