Minggu, 19 May 2019
radarbojonegoro
icon-featured
Tuban
Deklarasi Poros Hijau Jokowi-Ma'ruf Amin

Pembangunan Berkelanjutan untuk Kesejahteraan Masyarakat 

18 Maret 2019, 09: 35: 52 WIB | editor : Ebiet A. Mubarok

BERSATU : Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dr. Ir. Siti Nurbaya bersama Ketua TKD Jokowi-Ma’ruf Amin Jawa Timur Irjen Pol (Pur) Machfud Arifin berpose bersama Poros Hijau Indonesia Jawa Timur untuk Jokowi-Ma’ruf Amin.

BERSATU : Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dr. Ir. Siti Nurbaya bersama Ketua TKD Jokowi-Ma’ruf Amin Jawa Timur Irjen Pol (Pur) Machfud Arifin berpose bersama Poros Hijau Indonesia Jawa Timur untuk Jokowi-Ma’ruf Amin.

TUBAN - Poros Hijau Indonesia (PHI) Jawa Timur resmi dikukuhkan di Wilis Hotel and Resort, Desa Beji, Kecamatan Jenu  kemarin (17/3). Usai pengukuhan, digelar deklarasi untuk Jokowi-Ma’ruf Amin. Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dr. Ir. Siti Nurbaya dan Ketua TKD Jokowi-Ma’ruf Amin Jawa Timur Irjen Pol (Pur) Machfud Arifin memberikan orasi politik pada ribuan tamu undangan yang hadir.  

Turut hadir Kornas PHI Deddy Ratih, Koordinator PHI Jatim Haris Musthofa, Solahul Aam Notobuwono (Gus Aam). Sejumlah pengurus partai poltik di Tuban juga hadir. Di antaranya PKB, Golkar, Nasdem, PDI Perjuangan, Partai Hanura, Perindo, PSI, PPP. Tak hanya itu, PHI dari sejumlah kabupaten/kota juga ikut hadir. Yakni, PHI Banyuwangi, PHI Ngawi, PHI Pasuruan, PHI Jember, PHI Malang Raya, PHI Blitar, PHI Lamongan, PHI Padangan, PHI Bojonegoro, PHI Gresik, PHI Madiun, serta PHI Jombang. 

TKD Jokowi-Ma’ruf Amin Tuban juga hadir. Begitu juga Asosiasi Petani Tebu Republik Indonesia, Delegasi YPAAI Indonesia, kelompok tani hutan, pegiat sosial, pegiat perhutanan sosial, relawan Jokowi-Ma’ruf Amin, dan lainnya. 

Koodinator PHI Jawa Timur Haris Mustofa dalam sambutannya menyampaikan, ini merupakan wujud terima kasih dan dukungan atas apa yang telah dirasakan selama empat tahun di bawah kepemimpinan Jokowi. Karena ada pembangunan luar biasa terutama bidang kehutanan. ‘’Sejumlah terobosan (Pak Jokowi) telah kami rasakan dan sangat membantu kesejahteraan masyarakat ke depan,’’ tegasnya. Untuk itu, pihaknya ingin mengawal dan mendukung Jokowi-Ma’ruf Amin. 

Sementara itu, Kornas PHI Deddy Ratih menyampaikan, kehadiran PHI sendiri berawal dari pemikiran sebuah pembangunan berlandaskan kesejahteraan masyarakat, berkelanjutan. Baik masa sekarang maupun akan datang. ‘’Kita mengusung politik hijau dengan agenda pembangunan berkelanjutan bertujuan untuk kesejahteraan rakyat, dan juga memastikan kedaulatan bangsa ini berkeadilan berkelanjutan,’’ tegasnya. 

BERSATU: Ribuan Poros Hijau Indonesia Jawa Timur dari berbagai daerah di Jatim, relawan dan tamu undangan dalam Deklarasi Poros Hijau Indonesia Jawa Timur.

BERSATU: Ribuan Poros Hijau Indonesia Jawa Timur dari berbagai daerah di Jatim, relawan dan tamu undangan dalam Deklarasi Poros Hijau Indonesia Jawa Timur.

Menurut dia, program kerja Pak Jokowi sekarang ini salah satu pondasinya adalah tercapainya kesejahteraan rakyat berdasarkan pembangunan berkelanjutan sudah dijalankan. Terlebih, selama ini Jokowi-Ma’ruf Amin intens dengan lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan. ‘’Atas dasar itu Poros Hijau Indonesia menyatakan dukungan ke Pak Jokowi-Ma’ruf Amin. Ke depan pondasi yang sudah dibawa (Pak Jokowi) harus dilanjutkan, dikembangkan agar kesejahteraan rakyat, kedaulatan, dan keberlanjutan kehidupan berbangsa dan bernegara terjaga dan berjalan dengan baik. Jadi upaya-upaya kita tidak hanya soal bagaimana kita mendukung program yang sudah berjalan, tetapi juga salah satu tugas saat ini adalah memenangkan Jokowi-Ma’ruf Amin. Itu tugas pokok kita saat ini,’’ tegasnya. 

Dr. Ir. Siti Nurbaya mengatakan, melihat perjalanan selama pemerintahan Presiden Jokowi, yang namanya isu lingkungan, saat ini bersama-sama kehutanan, lingkungan, tambang, kelautan, pariwisata itu sangat terbuka. ‘’Interaksinya juga, terutama yang kehutanan dan lingkungan terbuka kepada publik, diskusinya juga kuat,’’ tegasnya. 

Kemudian, yang paling menonjol isunyasudah naik menjadi isu politik, dari hanya sekadar soal teknis, pencemaran dan sebagainya. Dan, sekarang masyarakat sudah membawa isu lingkungan itu kepada keadilan ekologi, bagaimana masyarakat mendapatkan kesejahteraan.  ‘’Jadi saya kira kehadiaran Poros Hijau Indonesia ini sangat positif, terutama tadi saya mengajak juga kepada pengurusnya, sebetulnya harus banyak diberikan advokasi juga dengan advokasi yang benar dalam sistem pemerintahan yang ada. ‘’Jadi sebenarnya kalau bahu-membahu dengan pemerintah, bagus untuk mempercepat kebaikan-kebaikan di tengah masyarakat. Jadi saya kira itu harapan saya kepada mereka,’’ tegasnya kepada wartawan. 

Ketua TKD Jokowi-Ma’ruf Amin Jawa Timur Machfud Arifin mengatakan, deklarasi sangat penting sebagai wujud daripada hati dan sikap. Sehingga, bukan sekadar deklarasi saja, tetapi nantinya harus turun ke bawah memberikan pemahaman kepada masyarakat. ‘’Karena lawan berat adalah semburan-semburan fitnah, tidak hanya di dunia medsos, tapi sudah mengetuk pintu, yang harus kita jawab yang benar,’’ katanya ketika dikonfirmasi wartawan. 

Karena itu, dalam orasi politiknya, pihaknya berharap agar seluruhnya konsentrasi untuk kemenangan Jokowi-Ma’ruf Amin. Karena Pak Jokowi sudah banyak berbuat secara nasional, sehingga diharapkan masyarakat bisa melanjutkan pemerintahan Pak Jokowi. (*)

(bj/*/zak/bet/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia