Minggu, 26 May 2019
radarbojonegoro
icon featured
Lamongan
Karnaval Onthel Bumi Joko Tingkir Lamongan

Bersepeda Tua, Satukan Nusantara

18 Maret 2019, 09: 05: 59 WIB | editor : Ebiet A. Mubarok

SATUKAN NUSANTARA: Ribuan onthelis dan onthelista dari berbagai daerah saat melintasi garis start Karnaval Onthel Bumi Joko Tingkir Lamongan 2019 di Sport Centre Lamongan.

SATUKAN NUSANTARA: Ribuan onthelis dan onthelista dari berbagai daerah saat melintasi garis start Karnaval Onthel Bumi Joko Tingkir Lamongan 2019 di Sport Centre Lamongan. (Istimewa/Jawa Pos Radar Lamongan)

LAMONGAN - Ribuan onthelis dan onthelista Se-Nusantara memadati Sport Center Lamongan Sabtu malam  (16/3) dan Minggu (17/3). Sekitar 5.000 peserta itu mengikuti Karnaval Onthel Bumi Joko Tingkir Lamongan 2019.

Mereka datang dari  korwil kosti dan komunitas onthel kabupaten/kota di Jawa Timur. Di antaranya Komunitas Sepeda Tua Indonesia (KOSTI) dari Surabaya, Gresik, Sidoarjo, Jombang, Mojokerto, Bojonegoro, Tuban, Kediri, Lumajang, Tulungagung, dan Blitar. Selain itu, juga dihadiri korwil komunitas onthel kabupaten/kota luar Jawa Timur. Di antaranya, komunitas dari Jepara, Solo, DKI Jakarta, dan Makassar.

Karnaval sepeda tua ini dibagi kategori perorangan dan kelompok/beregu. Para onthelis dan onthelista menempuh rute bersepeda sekitar 15 km, melintasi keindahan wilayah Kota Lamongan.

SUKSES:  Margono Jaya Putra ketua panitia saat menyampaikan laporan panitia Karnaval Onthel Bumi Joko Tingkir Lamongan 2019 di Sport Centre Lamongan.

SUKSES: Margono Jaya Putra ketua panitia saat menyampaikan laporan panitia Karnaval Onthel Bumi Joko Tingkir Lamongan 2019 di Sport Centre Lamongan. (Istimewa/Jawa Pos Radar Lamongan)

Setelah bersepeda ria, para peserta dihibur dengan berbagai musik. Selain itu, panitia menyediakan berbagai macam hadiah, mulai uang pembinaan dan trhopy untuk kategori beregu,  Sedangkan Perorangan undian mendapatkan door prize juga  sepeda motor, kulkas, TV Led, mesin cuci, kipas angin dan banyak hadiah menarik lainya.

Margono Jaya Putra, ketua panitia, mengatakan, Karnaval Onthel Bumi Joko Tingkir Lamongan 2019 ini diikuti ribuan peserta yang datang dari penjuru nusantara. Hadir peserta  dari Jakarta maupun Kalimantan. Bahkan, mereka jauh hari sudah memberikan konfirmasi ke panitia untuk sewa sepeda.

Tujuannya, selain bersepeda, juga memberikan gambaran kepada generasi muda bahwa aktivitas bersepeda sebagai budaya dan tradisi orang tua di masanya. Dulu, orang tua berpergian naik sepeda onthel sebagai alat transportasi.

Menurut dia, bersepeda itu sehat, murah juga sebagai sarana untuk berolahraga, bersepeda menyatukan bangsa yang tidak mengenal kelompok dan tidak ada kasta serta mempererat persaudaraan dari berbagai macam daerah yang ada di Indonesia sesuai motto satu sepeda berjuta saudara.

Dia berharap kegiatan tersebut menggugah kesadaran generasi muda kaum milenial agar  budaya bersepeda  ini diteruskan. ‘’Insya Allah event seperti ini nantinya menjadi agenda rutin momen tahunan menjelang Hari Jadi Lamongan,’’ ujarnya.

Gunadi yang mewakili Bupati Fadeli untuk memberangkatkan ribuan peserta Karnaval Onthel Bumi Joko Tingkir Lamongan 2019 berpesan agar ajang ini bisa semakin menjalin silaturahmi antardaerah. (mam)

(bj/*/bet/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia