Selasa, 23 Jul 2019
radarbojonegoro
icon featured
Bojonegoro

Tahun Ini Disdik Rekrut 54 Kasek

16 Maret 2019, 12: 00: 59 WIB | editor : Amin Fauzie

ilustrasi

ilustrasi (AINUR OCHIEM/JAWA POS RADAR BOJONEGORO)

Share this      

BOJONEGORO – Dinas pendidikan (disdik) akan menggelar seleksi kepala sekolah (kasek) SD. Rencananya, seleksi akan dilaksanakan pada September mendatang.

Kepala Disdik Bojonegoro Hanafi menuturkan, seleksi kaseknya sebelumnya memang belum menyelesaikan kekurangan kebutuhan kasek.

Jumlah kasek yang lulus seleksi masih kurang. Bahkan, jumlah kasek yang mendaftar seleksi juga masih kurang.

“Masih ada kekurangan karena yang ikut seleksi memang tidak banyak,” jelasnya.

Hanafi menjelaskan, kebutuhan calon guru mencapai 150 orang. Namun, jumlah yang mendaftar tidak mencapai jumlah itu.

Hanya 135 orang. Bahkan, saat seleksi hanya 115 orang yang lulus. Sisanya, tidak lulus karena hasilnya tidak memenuhi syarat.

“Jadi, jumlah calon kasek masih belum terpenuhi,” jelasnya.

Belum terpenuhinya calon kasek itu, membuat disdik harus melakukan seleksi lagi. Namun, seleksi tidak bisa dilakukan dalam waktu dekat. Namun, dilakukan September mendatang. “Kita anggarkan nanti di APBD Perubahan,” ujarnya.

Kebutuhan calon kasek hingga akhir tahun ini mencapai 54 orang. Sebab, ada sejumlah kasek yang nantinya akan pensiun. “Kebutuhannya sudah kami hitung. Jadi, nanti kita rekrut sesuai kebutuhan,” jelasnya.

Kabid Ketenagaan Disdik Aunur Rofiq menuturkan, saat ini para calon kasek yang lulus seleksi masih mengikuti pendidikan dan pelatihan (diklat). Mereka masih belum bertugas di sekolah. “Nanti setelah diklat mereka akan dilantik lebih dulu. Pelantikan nanti oleh bupati,” ujarnya.

Rofiq menjelaskan, mencari calon kasek memang tidak mudah. Pada pendaftaran peserta seleksi tahun lalu, banyak guru tidak mau mengikuti seleksi. Mereka sudah nyaman menjadi guru. Tidak mau menjadi kasek. “Tapi kami terus melakukan pendekatan agar mereka mau mendaftar. Kalau tidak ada yang mau, akan kekurangan kasek,” pungkasnya.

(bj/zim/aam/ai/min/JPR)

 TOP
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia