Rabu, 22 May 2019
radarbojonegoro
icon featured
Tuban

Belum Lepas Siaga Merah

10 Maret 2019, 17: 44: 48 WIB | editor : Ebiet A. Mubarok

MASIH SIAGA MERAH: Permukaan Sungai Bengawan Solo yang membentang di wilayah Kecamatan Rengel, Tuban.

MASIH SIAGA MERAH: Permukaan Sungai Bengawan Solo yang membentang di wilayah Kecamatan Rengel, Tuban. (Canggih Putranto/Jawa Pos Radar Tuban)

TUBAN – Tinggi muka air (TMA) sungai Bengawan Solo menunjukan tren penurunan. Namun, hingga Sabtu (9/3) malam, status siaga merah belum dilepas. Berdasar pantauan TMA di papan duga Kecamatan Babat, tren penurunan ketinggian air itu terlihat sejak pukul 12.00.

TMA sungai yang bermuara di Gresik ini turun pada angka 8,2 peilschaal, dari sebelumnya 8,28 peilschaal tiga jam sebelumnya. Ketinggian air 8,2 peilschaal itu bertahan hingga pukul 18.00.

‘’Trennya turun, tapi masih dalam status siaga merah,’’ kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban, Joko Ludiyono, kepada Jawa Pos Radar Tuban.

Hanya, Joko belum bisa memastikan apakah tren penurunan ini akan terus berlangsung atau malah kembali naik. Berdasarkan prediksi badan meteorologi, klimatologi, dan geofisikia (BMKG), hujan lebat hingga ringan diperkirakan masih terus berlangsung merata dari wilayah hulu hingga hilir. ‘’Jadi, belum bisa dipastikan. Karena hujan masih terus berlangsng. Tapi kita berharap bisa secepatnya kembali normal,’’ harapnya.

Wilayah terdampak luberan Sungai Bengawan Solo sebagian besar masih sama seperti sehari sebelumnya. Yakni, sejumlah desa di Kecamatan Tambakrejo, Kecamatan Rengel. Juga Desa Karangtinoto, Kecamatan Rengel yang bersebelahan dengan Tambakrejo. Serta sebagian Desa Glagahsari dan Sandingrowo, Kecamatan Soko.

Di Kecamatan Widang, luberan air Bengawan Solo mengalir ke Desa Widang, Patihan, Ngadipuro, Tegalsari, Tegalrejo, Kedungharjo, dan Simorejo. 

Selain kawasan pemukiman dan ratusan hektar lahan persawahan, bah juga merendam sejumlah fasilitas umum. Antara lain, sekolah, kantor balai desa, masjid, dan musala.

(bj/tok/yan/bet/JPR)

 TOP
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia