Minggu, 17 Nov 2019
radarbojonegoro
icon-featured
Tuban

Sales Oppo Kunyah Terasi Tanggung Jawab Tim Marketing, Bukan Konter

04 Maret 2019, 17: 10: 59 WIB | editor : Amin Fauzie

ilustrasi

ilustrasi (SUPRIYANTO/JAWA POS RADAR LAMONGAN)

Share this      

TUBAN – Bidang Tenaga Kerja Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSP dan Naker) Tuban menginvestigasi kasus hukuman tak manusiawi terhadap sales Oppo yang tak memenuhi target penjualan. Institusi ini mengagendakan memanggil sales Gemilang Indra Yuliarti dan supervisor Oppo Dwi Prawoto Hadi Senin (4/3).

Kabid Tenaga Kerja DPMPTSP dan Naker Tuban Wadiono mengatakan, beberapa hari terakhir, timnya sudah  investigasi di lapangan untuk mengetahui permasalahan tersebut. Termasuk mengumpulkan data terkait fakta hukuman tak manusiawi tersebut. ‘’Kami sudah investigasi dan mengirim surat pemanggilan ke Gemilang dan Dwi Prawoto Hadi,’’ kata dia. 

Wadiono menuturkan, salah satu agenda pemeriksaan adalah kesepakatan kerja. Jika dalam kontrak perjanjian kerja tidak disebutkan adanya hukuman tak lazim tersebut, tentu supervisor dan trainer area yang menjatuhkan hukuman melanggar Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

‘’Kami pastikan hukuman tersebut tidak ada hubungannya dengan konter, tapi langsung tanggung jawab dengan tim marketing Oppo,’’ tegas dia.

Undang-undang tersebut, lanjut Wadiono, tidak hanya mengatur sanksi perdata. Juga sanksi pidana serta sanksi administratif.

Sementara untuk tindak penganiayaan, kata Wadiono, sepenuhnya diserahkan ke Satreskrim Polres Tuban.

Selain kroscek tentang hukuman yang diduga melanggar hak asasi manusia (HAM) tersebut, Wadiono juga mengecek permasalahan lain di dunia kerja pada tim pemasaran Oppo di Tuban. ‘’Kami akan lihat secara komprehensif (apakah ada pelanggaran) lain, seperti upah, waktu kerja, asuransi pekerja, dan lainnya,’’ kata dia.

(bj/yud/ds/yan/min/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia