Jumat, 22 Nov 2019
radarbojonegoro
icon featured
Blora

KPU Identifikasi Ada 900 Surat Suara Rusak

25 Februari 2019, 11: 00: 59 WIB | editor : Amin Fauzie

DILIPAT: Surat suara yang masih proses pelipatan di gudang KPU.

DILIPAT: Surat suara yang masih proses pelipatan di gudang KPU. (M. MAHFUDZ MUNTAHA/JAWA POS RADAR BLORA)

Share this      

BLORA - Beberapa surat suara sudah mulai selesai dilakukan pelipatan dan sortir. Ada dua surat suara selesai dilakukan pelipatan. Surat suara pemilihan presiden (pilpres) dan surat suara pemilihan legislatif (pileg) DPR RI. Tapi dalam proses sortir dan pelipatan ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengindikasi ada yang rusak. Khususnya di surat suara pileg DPR RI. Setelah selesai dilakukan sortir, ternyata KPU mengidentifikasi ada kerusakan sekitar 900 surat suara. Hanya sampai saat ini belum diputuskan.

Ketua KPU Blora M. Hamdun mengatakan, ke-900 surat suara yang diidentifikasi rusak tersebut sampai saat ini KPU belum memastikan apakah itu benar-benar rusak atau masih bisa dipakai. Sebab, itu masih identifikasi awal. Lalu apakah itu benar-benar rusak atau tidak. “Itu nanti akan kami plenokan,” ujarnya.

Identifikasi kerusakan sendiri, menurut Hamdun, dalam proses sortir itu ditemukan dari ke-900 surat suara itu terdapat sobek sedikit ujungnya ada tinta luber di beberapa bagian. “Misalnya apakah semuanya rusak atau dapat digunakan adalah besok setelah pleno,” ujarnya.

Untuk ke-900 surat suara ini, menurutnya, hanya surat suara DPR RI. Sedangkan untuk surat suara yang lain selesai dilipat, yakni untuk pilpres ditemukan 186 rusak.

Untuk surat suara seperti DPR provinsi, menurut Hamdun, saat ini masih proses sortir dan pelipatan. Hanya Hamdun belum bisa mengetahui data kerusakan dan yang selesai berapa. Hanya saja minggu ini akan selesai.

Sedangkan surat suara DPR kabupaten, masih belum dilakukan pelipatan. “Untuk kabupaten kalau tidak hari ini (kemarin, Red) ya kita mulai besok (hari ini, Red),” ujarnya.

Sedangkan surat suara dewan perwakilan daerah (DPD) sampai saat ini, menurut Hamdun, belum dikirimkan ke Blora. Meski pada minggu lalu dijadwalkan semua surat suara telah datang. Sampai saat ini KPU menunggu jadwal pengiriman dari perusahaan penyedia barang. “KPU belum tahu kapan jadwal pengiriman, hanya kami selalu berkoordinasi dengan KPU provinsi,” imbuhnya.

(bj/fud/aam/min/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia