Selasa, 21 May 2019
radarbojonegoro
icon featured
Blora

Hasil PPPK Tunggu dari Pusat

25 Februari 2019, 10: 10: 59 WIB | editor : Amin Fauzie

ilustrasi

ilustrasi (AINUR OCHIEM/JAWA POS RADAR BOJONEGORO)

BLORA - Peserta seleksi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) harus menunggu kepastian kelulusannya. Pasalnya setelah tes computer assisted test (CAT) selama Sabtu (23/2) dan kemarin (24/2). Belum ada pengumuman siapa saja yang dinyatakan lolos. Karena setelah ini, para peserta seleksi PPPK menunggu hasil kelulusan dari Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Kepala Bidang Perencanaan dan Administrasi Pegawai Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Blora Rini Setyowati mengatakan, pelaksanaan tes kompetensi dan wawancara secara CAT. Kemarin berjalan secara lancar. Keseluruhan peserta mengikuti ujian. “Total keseluruhan 517 peserta ikut semua,” ujarnya.

Dalam pelaksanaan tes kemarin, adapun yang diujikan adalah tes seleksi kompetensi teknis 40 soal, seleksi kompetensi manajerial 40 soal, dan seleksi  kompetensi sosial kultur 10 soal. Semua nilai langsung bisa dilihat skor totalnya, layaknya pelaksanaan seleksi calon pengawai negeri sipil (CPNS) 2018 lalu. “Setelah tes kompetensi langsung dilanjut tes wawancara secara CAT,” imbuhnya.

Hanya saja menurut Rini, pihaknya belum bisa menentukan siapa saja yang dinyatakan lolos pada sesi tes. “Ini hasilnya dikirim ke Jakarta untuk disinkronisasi oleh pusat, karena yang menyatakan lulus itu pusat,” ujarnya.

Kelulusan sendiri, lanjutnya, tetap didasarkan pada peraturan menteri pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi (Permen PAN-RB) Nomor 4 Tahun 2019 tentang nilai ambang batas seleksi PPPK untuk guru, dosen, tenaga kesehatan, dan penyuluh pertanian. Yang diterangkan dalam pasal 7 ayat (1) bahwa nilai ambang batas kumulatif apabila memenuhi nilai seleksi kompetensi dari ketiga seleksi kompetensi tersebut. Paling rendah 65. Tapi dari nilai tersebut seleksi kompetensi teknis harus paling rendah, yaitu 42.

Itu saja belum cukup, peserta yang telah memenuhi nilai ambang batas pada tiga tes kompetensi itu. Peserta juga harus memenuhui nilai ambang batas wawancara berbasis komputer paling rendah 15. “Nilai wawancara dipergunakan apabila peserta memenuhi nilai ambang bataas untuk tes kompetensi,” jelasnya.

Pengumuman ini setelah proses kirim ke pusat. Yang akan mengumumkan untuk seleksi juga dari pemerintah pusat. BKD Blora tinggal menunggu jadwalnya dari sana.

(bj/fud/aam/ai/min/JPR)

 TOP
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia