Minggu, 26 May 2019
radarbojonegoro
icon featured
Lamongan
Memperlancar Menuju Bengawan dan Irigasi

Biar Tidak Dangkal, Kali Depan Kuro Dikeruk

24 Februari 2019, 10: 30: 59 WIB | editor : Amin Fauzie

BIAR LANCAR: Kali depan kuro dilakukan pengerukan dengan alat berat. Upaya ini agar air lancar dan saat kemarau untuk irigasi.

BIAR LANCAR: Kali depan kuro dilakukan pengerukan dengan alat berat. Upaya ini agar air lancar dan saat kemarau untuk irigasi. (ANJAR DWI PRADIPTA/JAWA POS RADAR LAMONGAN)

KARANGBINANGUN - Dinas PU Sumber Daya Air (SDA) Lamongan melakukan pengerukan kali depan Kuro. Pengerukan kedalaman 500 meter tersebut ditargetkan rampung triwulan pertama.

Kasi Irigasi Pedesaan Dinas PU Sumber Daya Air (SDA) Lamongan, M. Lutfi Ali Rahman mengatakan, pengerukan kali depan kuro di Desa Kuro, Kecamatan Karangbinangun itu mendesak. Pengerukan kali mengarah ke Sungai Bengawan Solo. Tujuannya jika Kali Blawi banjir/air tinggi bisa memperlancar pembuangan lewat pintu Kuro.

Jika kemarau, bisa memasukkan air dari Sungai Bengawan Solo ke Blawi untuk irigasi petani Kecamatan Glagah dan Karangbinangun. “Pekerjaan dikebut,” ujarnya.

Menurut dia, pengerukan ini baru dilakukan tahun ini. Dan tetap dilakukan meski musim penghujan. Pengerukan memanfaatkan ekskavator amphibi sehingga bisa beroperasi meski di atas air. Normalnya, beckhoe biasa tidak bisa jalan saat musim hujan.

Pengerukan ini, lanjut dia, agar seluruh anak kali nantinya pembuangannya ke sana. Sehingga arus harus lancar agar tidak banjir saat terjadi hujan intensitas tinggi. Kali depan Kuro merupakan kali terakhir penghubung anak kali dengan Sungai Bengawan Solo. Kali tersebut tidak boleh dangkal.

Kasman, koordinator pompa Kuro Karangbinangun mengklaim, kondisi air kuro masih naik turun. Intensitas hujan beberapa hari terakhir cukup tinggi. Sehingga pintu mengarah ke Bengawan Solo sementara ditutup agar air tidak masuk ke Kuro.

Meski kondisi bengawan belum terlalu tinggi. Namun dia berusaha mengantisipasi agar Kuro tidak dipenuhi air bengawan.

(bj/rij/rka/jar/yan/min/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia