Kamis, 19 Sep 2019
radarbojonegoro
icon featured
Blora

Harga Cabai Tak Stabil

18 Januari 2019, 18: 24: 06 WIB | editor : Ebiet A. Mubarok

TAK STABIL: Harga cabai di Pasar Induk Blora selalu naik turun selama satu bulan terakhir.

TAK STABIL: Harga cabai di Pasar Induk Blora selalu naik turun selama satu bulan terakhir. (M. Mahfudz Muntaha/Jawa Pos Radar Blora)

Share this      

BLORA - Harga cabai selalu naik turun. Tapi seminggu terakhir harga cabai terus alami penurunan. Khususnya cabai keriting merah dan hijau. Kemarin harga cabai Rp 9.000 sampai Rp 10.000  per kilogram. Harga cabai tersebut sudah dianggap biasa oleh pedagang. Karena selama ini harga cabai tidak pernah stabil.

Sadi, salah satu pedagang cabai di Pasar Induk Blora mengatakan, dia mengambil dari tengkulak seharga Rp 8.000 per kilogram. Lalu dia jual ke pembeli dari harga Rp 9.000 sampai Rp 10.000 per kilogram. Harga ini menurutnya sangat turun daripada satu bulan lalu. “Sekitar sebulan lalu cabai merah keriting satu kilonya bisa sampai Rp 15.000 sampai Rp 25.000,” ujarnya.

Berbeda dengan Suparni, pedagang cabai yang berada di sepanjang Jalan Mr Iskandar Blora. Kemarin menjual cabai merah kisaran harga Rp 11.000 sampai Rp 12.000 per kilogram. Sedangkan cabai hijau Rp 8.000.

Terpisah, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Blora kemarin (17/1) melakukan kegiatan borong cabai dari petani  sebagai bentuk perhatian, solidaritas, dan peduli kepada petani cabai. Hal itu dilakukan untuk membantu mendongkrak harga cabai dari petani agar tidak terlalu merugi saat dibeli dengan harga rendah oleh tengkulak. Anggota DWP Blora membeli langsung dari petani di Desa Turirejo, Kecamatan Jepon. “Saya rasa cabai itu dibutuhkan, apalagi ibu-ibu,” ujar Ketua DWP Blora Ratnasari Komang Gede Irawadi.

Pihaknya tidak membeli cabai tersebut seperti harga tengkulak. Tapi menggunakan harga pasar. “Dibeli oleh tengkulak bekisar antara Rp 6.000 hingga Rp 8.000 per kilogram, tapi kami membeli Rp 15.000 per kilogram,” terangnya. (fud/aam)

(bj/fud/aam/bet/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia