Jumat, 22 Nov 2019
radarbojonegoro
icon featured
Bojonegoro

Bahas Perda, 22 Anggota DPRD Bolos Saat Sidang Paripurna

18 Januari 2019, 18: 03: 07 WIB | editor : Ebiet A. Mubarok

KURSI KOSONG: Suasana sidang paripurna kemarin. Terlihat banyak anggota DPRD yang tak masuk.

KURSI KOSONG: Suasana sidang paripurna kemarin. Terlihat banyak anggota DPRD yang tak masuk. (M. Suaeb/Jawa Pos Radar Bojonegoro)

Share this      

BOJONEGORO - Kinerja anggota DPRD Bojonegoro patut dipertanyakan memasuki tahun politik ini. Sebab, dalam sidang paripurna berlangsung Kamis (17/1), terdapat 22 anggota DPRD yang bolos. Sidang hanya dihadiri 28 wakil rakyat. Bahkan, dari unsur pimpinan DPRD, hanya satu wakil ketua yang hadir, yaitu Suyuthi.

Ketua DPRD Sigit Kushariyanto dan dua wakil DPRD Ahmad Sunjani dan Sukur Priyanto tak terlihat dalam paripurna tersebut. “Sesuai absen, sidang paripurna dihadiri 28 anggota. Sedangkan 22 anggota tak hadir,” kata Wakil Ketua DPRD Suyuthi saat memimpin sidang paripurna.

Menurut dia, meskipun ada 22 anggota tak menghadiri sidang paripurna, namun, sesuai tata tertib (tatib) DPRD, jumlah anggota sudah melebihi 2/3 dari jumlah total anggota. Sehingga, paripurna tetap bisa digelar.

Sesuai agendanya, sidang paripurna kemarin membahas tiga agenda. Yaitu paripurna internal dengan agenda membahas revisi tatib DPRD 2014. Lalu, laporan hasil panitia khusus (pansus) rancangan peraturan daerah (raperda) inisiatif. Dan sidang paripurna dengan eksekutif terkait pengesahan pembahasan 21 raperda selama 2019 .

Rinciannya, 19 raperda usulan dari pemkab. Sisanya usulan dari badan pembentukan peraturan daerah (bapemperda) DPRD. “Mungkin yang tak hadir, itu sedang tugas luar,” kata Suyuthi kepada Jawa Pos Radar Bojonegoro.

Bolosnya 22 anggota DPRD itu mendapat sorotan, karena salah satu tugas utamanya untuk membuat perda. Namun, pada saat membahas raperda justru banyak yang tak hadir. “Profesionalisme DPRD dipertanyakan, karena utama mereka membuat perda,” kata Direktur Institute Development of Society (IDFoS) Indonesia Joko Hadi Purnomo. 

(bj/msu/rij/bet/JPR)

 TOP
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia