Minggu, 24 Mar 2019
radarbojonegoro
icon featured
Bojonegoro

PC NA Brondong Kunjungi Radar Bojonegoro

18 Januari 2019, 12: 59: 12 WIB | editor : Ebiet A. Mubarok

KUNJUNGAN: Direktur Radar Bojonegoro saat menerima rombongan PC NA Kecamatan Brondong, Lamongan.

KUNJUNGAN: Direktur Radar Bojonegoro saat menerima rombongan PC NA Kecamatan Brondong, Lamongan. (Istimewa/Jawa Pos Radar Bojonegoro)

BOJONEGORO - Sekitar 50 pengurus Pimpinan Cabang Nasyiatul Aisyiah (PC NA) Kecamatan Brondong, Jumat (18/1) berkunjung ke Kantor Radar Bojonegoro. Dipimpin Ketua PC NA - nya Arika Karim, mereka serombongan naik bus. Arika mengatakan, selain untuk bersilaturahmi, rombongan juga ingin studi tentang jurnalistik.

Mereka diterima Direktur Radar Bojonegoro Zahidin dan Pemred Kharij Zaenal Asrori. Zahidin pun memberikan pemaparan tentang prinsip dasar jurnalistik. "Dengan prinsip dasar ini, kita bisa menangkal berita hoax," katanya.

Ambil contoh tentang prinsip 5W+1H, kata Zahidin, dengan What, When, dan Where saja sebuah berita dapat diidentifikasi kebenarannya. "Kalau ada fakta yang diterima seperti berita, video, atau pun bentuknya, tapi tidak ada tempat kejadian dan kapan terjadinya, maka bisa diduga hoax," katanya.

Where, lanjut Zahidin, juga bermakna darimana berita diambil. "Ada linknya tidak? Kalau pun ada, apakah linknya juga punya tingkat kredibilitas yang baik?" katanya.

Tentu akan lebih baik, semua prinsip jurnalistik dipakai untuk menguji apakah sebuah informasi itu hoax apa tidak. "Itulah mengapa jurnalistik media massa (cetak) umurnya sangat tua dan tetap dipercaya," ungkapnya (zh)

(bj/*/bet/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia