Rabu, 17 Jul 2019
radarbojonegoro
icon featured
Blora

Pemblokiran Data Penduduk Tidak Jadi

15 Januari 2019, 09: 00: 59 WIB | editor : Ebiet A. Mubarok

PROSES : Seseorang sedang melakukan perekaman e-KTP di Blora. 

PROSES : Seseorang sedang melakukan perekaman e-KTP di Blora.  (M. Mahfudz Muntaha/Jawa Pos Radar Blora)

Share this      

BLORA - Ancaman pemblokiran data bagi warga yang belum perekaman e-KTP tidak ada realisasinya sampai saat ini. Pemblokiran hanya terkesan gertakan. Sebab, di Blora belum ada pemblokiran. Seharusnya pemblokiran itu dilakukan sejak 1 Januari lalu. Karena Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memberikan batas hingga 21 Desember. Kini belum kunjung dilakukan pemblokiran.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Riyanto mengatakan, pemblokiran data penduduk adalah kewenangan pusat. Memang pada 2018 lalu Kemendagri mengatakan, yang berumur 23 tahun ke atas dan belum melakukan perekaman e-KTP sampai 31 Desember akan diblokir data kependudukannya. Sehingga tidak bisa melakukan kegiatan administrasi kependudukan. Hanya saja sampai saat ini pemblokiran itu tidak kunjung ada. Sebab, saat Riyanto ditanya apakah saat ini sudah ada pemblokiran di Blora? Dirinya ragu-ragu mengatakan. “Kelihatannya kok belum,” ujarnya.

Belum adanya pemblokiran sampai saat ini pihaknya juga tidak tahu. Apakah benar-benar ada proses pemblokiran. Saat disinggung apakah ini toleransi waktu yang diberikan kepada masyarakat Blora agar segera melakukan perekaman? “Tidak tahu yang terpenting itu adalah kewenangan pusat,” ujarnya. 

Padahal menurut Riyanto, sampai saat ini sekitar 7.000 warga Blora yang berumur di atas 23 tahun dan belum melakukan perekaman. Tapi apakah itu akan diblokir atau tidak, pihaknya hanya menunggu. Riyanto memastikan pihaknya yang melakukan perekaman, jika ada yang butuh lakukan perekaman maka dirinya siap melayani. 

Dia mengambil kesimpulan, mungkin saja belum adanya data penduduk diblokir. Ini hanya sebuah dorongan dari Kemendagri agar masyarakat segera melakukan perekaman.

(bj/fud/aam/bet/JPR)

 TOP
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia