Jumat, 21 Jun 2019
radarbojonegoro
icon featured
Ekonomi Dan Bisnis

Peminat Aksesori Berbahan Kayu 

14 Januari 2019, 16: 50: 21 WIB | editor : Ebiet A. Mubarok

AKSESORI: Peminat aksesori berbahan kayu dari kalangan bawah hingga kolektor.

AKSESORI: Peminat aksesori berbahan kayu dari kalangan bawah hingga kolektor. (Chahya Sylvianita/Jawa Pos Radar Bojonegoro)

BOJONEGORO –Aksesori berbahan kayu memang diminati kalangan menengah ke bawah hingga menengah ke atas. Hal tersebut menurut salah satu pedagang aksesori kayu Putra Pratama, ketika ditemui di lapaknya saat car free day (CFD) Minggu (13/1). Namun, menurutnya, hanya kolektor sejati yang hingga kini selalu update bahan kayu pada aksesori.

Putra mengatakan, omzet dari penjualan aksesori kayu bisa mencapai Rp 2 juta. “Harga bervariasi, mulai dari kayu biasa harga Rp 3.000 hingga Rp 500 ribu. Jenis akar bahar ini dari NTT, harganya bisa sampai Rp 200 ribu,” jelasnya. 

Putra menambahkan, aksesori berbahan kayu biasanya mahal karena didapatkan dengan susah. “Seperti akar bahar ini dapatnya dari bawah laut. Strukturnya kuat dan pembuatannya memakai air panas agar bisa dibentuk. Cuma perajin yang bisa,” katanya.

Jenis aksesori kayu yang dijual beragam. Mulai dari kokka, stigi, gaharu, giok, hingga kecubung kalimantan. “Peminat ya beragam. Kalau menengah ke bawah biasanya suka jenis kokka. Warna ya tidak berubah dan harganya relatif terjangkau. Kalau gaharu bisa berubah dan jangan sampai terkena air karena kayu rapuh. Tapi kalau bicara mengenai aksesori ya selera sih,” kata pria yang sudah dua tahun berjualan aksesori berbahan kayu tersebut.

Putra mengatakan, cara perawatan aksesori berbahan kayu bemacam-macam. “Kalau yang kokka ini cukup digosok pakai baby oil atau minyak goreng untuk perawatannya. Jadi tetap mengilap,” terangnya.

Kolektor asal Tuban Edi, menghabiskan sekitar Rp 300 ribu untuk menambah koleksinya. “Tadi sekalian mampir ke sini. Ada yang jual akar bahar sekalian beli. Saya suka aksesori yang natural saja,” katanya. (cs/)

(bj/*/aam/bet/JPR)

 TOP
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia