Selasa, 10 Dec 2019
radarbojonegoro
icon featured
Bojonegoro

Tim Cyber Terus Mengintai Medsos

05 Januari 2019, 08: 20: 59 WIB | editor : Ebiet A. Mubarok

Tim cyber

Tim cyber (unsplash.com/artist)

Share this      

BOJONEGORO – Polres Bojonegoro tak ingin kecolongan dari perkara yang muncul dari media sosial (medsos) menjelang pemilihan legislatif (pileg) dan pemilihan presiden (pilpres). Apalagi, pelaksanaan kurang tiga bulan lagi. 

Kapolres Bojonegoro AKBP Ary Fadli mengungkapkan, dalam menghadapi Pilpres dan Pileg 2019 harus semakin dewasa dan bijaksana. Pihaknya pun telah menyiapkan unit tim cyber yang akan melaksanakan patroli di dunia maya. 

Tim cyber itu menjadi tanda bahwa masyarakat harus ber-medsos dengan santun. Dia mengimbau kepada masyarakat untuk kembali berpikir sebelum menyebarkan berita yang belum tentu kebenarannya. 

“Jadi kami dari pihak kepolisian sudah membentuk tim khusus cyber troop dari Polres Bojonegoro, maupun cyber troop dari Polda Jawa Timur,” katanya.

Dirinya menegaskan apabila saat ini di dalam dunia maya masih banyak terdapat penyebaran ujaran kebencian. Sehingga Mapolres Bojonegoro, membuat suatu mekanisme dengan cara men-take down berita-berita yang menyerang pemerintah dan belum tentu kebenarannya. 

Adapun selama 2018 lalu, Polres Bojonegoro belum pernah menangani kasus Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) tentang ujaran kebencian atau penyebaran berita hoaks.

“Terkait dengan cyber troop sendiri, harus ada korban yang mengadu. Pengaduan sampai saat ini belum kami terima,” ujarnya.

Menurut dia, masyarakat Bojonegoro harus lebih cerdas dalam melihat situasi yang ada sekaligus lebih cerdas dalam menentukan pilihan, tidak mudah terprovokasi. Karena 2019 merupakan tahun politik, seharusnya menjadi tolok ukur untuk berdemokrasi yang bermartabat. Khususnya di Bojonegoro, selain pileg dan pilpres serentak pada April mendatang, nanti pada pertengahan 2019 juga ada pilkades serentak. “Kami harap semua pesta demokrasi itu bisa berjalan kondusif,” pungkasnya. 

(bj/gas/aam/bet/JPR)

 TOP
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia