Senin, 16 Dec 2019
radarbojonegoro
icon featured
Bojonegoro

Tidak Ada Kenaikan Anggaran Vaksin Unggas

05 Januari 2019, 08: 10: 59 WIB | editor : Ebiet A. Mubarok

PETERNAK UNGGAS: Perlu dilakukan vaksin memasuki musim pancaroba. 

PETERNAK UNGGAS: Perlu dilakukan vaksin memasuki musim pancaroba.  (M. Nurcholis/Jawa Pos Radar Bojonegoro)

Share this      

BOJONEGORO - Memasuki pancaroba, Dinas Perikanan dan Peternakan (Disnakkan) Bojonegoro tidak ada kenaikan anggaran vaksin khusus unggas. Menurut Dokter Hewan Disnakkan Sugiharti S. Rahayu, tahun ini untuk vaksin unggas belum ada penambahan anggaran. 

Sugiharti mengatakan, tahun lalu disnakkan sudah menyiapkan vaksin Avian influenza (AI) sebanyak 45 ribu dosis untuk tingkat kabupaten. Vaksin dilakukan di Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Kasiman, Kepohbaru, dan Dander. “Untuk tingkat provinsi juga ada sebanyak 15 ribu dosis. Kalau di kecamatan kita lakukan di 28 kecamatan yang banyak populasi unggas,” jelasnya.

Dia menjelaskan, untuk warga yang mendapat vaksin khususnya unggas, diutamakan pada sektor empat. 

“Sektor empat yaitu warga yang memiliki unggas di bawah 1000,” tambahnya. Hal itu dimaksudkan untuk pemerataan dalam membantu warga kecil yang membutuhkan vaksin pada ternaknya agar tidak terserang penyakit. 

“Untuk populasi ternak yang tinggi tidak kita bantu karena biasanya sudah mandiri dan menjalin kemitraan,” kata Sugiharti.

Menurutnya, musim pancaroba patut diwaspadai karena unggas akan mudah terkena virus karena tidak divaksin. “Ada tiga penyakit yang perlu diwaspadai yaitu AI, ND atau Newcastle diseas dan Snot. Kalau sebutan warga biasanya flu burung, tetelo, sama penyakit krok,” jelasnya.

Dia menambahkan, faktor utama ternak terserang virus yaitu keteledoran dari peternak. “Jadi, jangan sampai tidak divaksin karena dampaknya unggas mati dalam skala besar jika terserang AI. Bio security juga harus dilakukan. Contoh sederhananya, bisa menyemprotkan air campuran detergen pada kandang untuk membasmi virus,” katanya. (cs/)

(bj/*/aam/bet/JPR)

 TOP
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia