Senin, 16 Dec 2019
radarbojonegoro
icon featured
Bojonegoro

Razia Rutin, 23 Motor Knalpot Brong Disita

28 Desember 2018, 09: 40: 59 WIB | editor : Ebiet A. Mubarok

DITILANG: Dua polisi menilang pengendara bermotor knalpot brong.

DITILANG: Dua polisi menilang pengendara bermotor knalpot brong. (Istimewa/Jawa Pos Radar Bojonegoro)

Share this      

BOJONEGORO - Razia terhadap pengendara motor berknalpot brong sudah berlangsung. Satlantas Polres Bojonegoro sudah menyita 23 motor berknalpot bising tersebut. Motor disita dan pengendara diberikan tilang. Kasatlantas Polres AKP Aristianto mengatakan, pengendara motor brong tersebut ditilang. Dan, harus mengikuti persidangan. Motor berknalpot brong itu baru bisa dikembalikan dengan syarat pengendara mengembalikan knalpot sesuai standar. 

Kasatlantas mengatakan, penindakan terhadap pelanggaran knalpot brong dilaksanakan setiap hari hingga malam pergantian Tahun Baru 2019. “Penindakan knalpot brong dilaksanakan dengan sistem hunting, karena hal ini cukup meresahkan masyarakat akibat polusi suara yang dihasilkan,” ujar dia.

Razia terhadap motor knalpot brong sudah dilakukan 91 kali. Itu sejak November. Dari razia tersebut menindak 349 kendaraan. 23 di antaranya motor berknalpot brong. Sedangkan, 326 pelanggar lainnya melakukan pelanggaran terkait kelengkapan surat-surat. 

“Selain razia, juga dilakukan sosialisasi kepada para siswa, masyarakat, dan memberi penyuluhan di bengkel-bengkel agar tidak melayani pemasangan knalpot brong,” tegas Aris sapaannya.

Razia knalpot brong jauh hari ini, kata Kasatlantas, agar pelaksanaan perayaan Tahun Baru kondusif. Bagi masyarakat yang ditindak dengan tilang karena pelanggaran tersebut, kendaraannya akan disita sebagai barang bukti hingga pelaksanaan sidang setelah Tahun Baru. 

Jadi, larangan tersebut jangan dianggap remeh. “Kendaraan akan dikembalikan setelah ada putusan sidang dengan catatan knalpot dikembalikan sesuai aslinya atau sesuai dengan spesifikasi teknis pabrikan,” pungkasnya. 

(bj/gas/rij/bet/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia