Selasa, 26 Mar 2019
radarbojonegoro
icon featured
Bojonegoro

Perpusda Jadi Alternatif Liburan

28 Desember 2018, 09: 20: 59 WIB | editor : Ebiet A. Mubarok

FAVORIT: Selain dibaca di tempat, pengunjung juga bisa meminjam buku untuk dibaca di rumah.

FAVORIT: Selain dibaca di tempat, pengunjung juga bisa meminjam buku untuk dibaca di rumah. (Audina Hutama/Jawa Pos Radar Bojonegoro)

BOJONEGORO — Perpustakaan Daerah (Perpusda) Bojonegoro masih menjadi tempat alternatif bagi pelajar dan mahasiswa mengisi dan menikmati waktu liburannya. Jumlah pengunjung perpusda saat memasuki musim liburan meningkat. Dalam sehari, pengunjung perpustakaan yang berada di kompleks  Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bojonegoro mencapai 100 orang. Pengunjung didominasi dari Kecamatan Kota, Kapas, Balen, Dander, dan Kalitidu. Hal ini berbeda dengan hari-hari biasa yang hanya dikunjungi 70 orang per hari. 

Agus Saiful Aris Kabid Perpusda Bojonegoro mengatakan, meskipun jumlah pengunjung meningkat, namun belum memenuhi jumlah yang ditargetkan oleh  Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bojonegoro. “Target seharusnya 150 orang per hari,” kata Agus sapaannya Kamis (27/12).

Menurut Agus, pengunjung perpusda tidak memenuhi target dikarenakan mudahnya masyarakat mengakses informasi melalui internet. Selain itu sarana prasarana di sana masih dianggap kurang memadai dan menunjang kenyamanan pembaca. Seperti tempat yang terbatas serta fasilitas penunjang literasi digital.

Untuk menarik minat pengunjung, Perpusda Bojonegoro mendapat bantuan buku dari pemerintah setempat sebanyak 1.500 eksemplar. Di perpustakaan yang dibuka pukul 07.00 hingga 17.00 itu juga terdapat 3.600 eksemplar buku yang ditulis oleh warga Bojonegoro asli.

Siti Lestari, 18, salah satu pengunjung asal Dander mengatakan, dia telah mengagendakan hari liburnya untuk meminjam buku-buku bertema pendidikan.

“Saya seminggu sekali ke perpusda untuk meminjam dan mengembalikan buku,” kata siswi SMKN 1 Bojonegoro itu. (din/)

(bj/*/aam/bet/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia