Jumat, 19 Jul 2019
radarbojonegoro
icon featured
Entertainment
Milenial

Ayo Ramai-Ramai Berantas Hoaks 

oleh: Muhdany Y. Laksono

27 Desember 2018, 09: 10: 59 WIB | editor : Ebiet A. Mubarok

anti hoaks

anti hoaks (unsplash/rawpixel)

Share this      

MILENIAL - Perkembangan pesat teknologi informasi dan digital semakin memudahkan masyarakat untuk mengaksesnya. Namun, kemudahan ini tak serta merta membuat berbagai informasi dapat tersaring dengan baik. Buktinya banyak sekali berita palsu atau hoaks tersebar di dunia maya. Nah, tentunya sobat milenial pernah menjadi korban hoaks bukan? Atau malah kalian pernah terlibat hoaks?

Hal ini jelas merupakan dampak negatif terkait perkembangan pesat sebuah teknologi digital. Padahal banyak sekali hal positif yang dapat kalian petik dengan kemudahan ini kan. Maka dari itu, sobat milenial mulai saat ini harus lebih melek akan segala informasi yang didapat. Sebab, tak semua informasi itu sesuai fakta alias benar.

Nah, maka dari itu radar milenial akan memberikan kiat-kiat khusus untuk kalian agar tidak terjebak dan terjerumus dengan informasi palsu alias hoaks. Sebelum itu, kalian perlu tahu bahwa kiat-kiat ini merupakan hasil pertapaan Radar Milenial selama 41 hari loh, jadi jangan lewatkan setiap helai kata yang tertulis dan ingat baik-baik ya lur. (dny/aam)

Hati-Hati dengan Judul Provokatif

Informasi hoaks biasanya menggunakan judul yang memprovokasi dan bombastis. Misalnya tanpa basa-basi sang pembuat hoaks langsung menuding pihak atau isu tertentu tanpa sebab. Isinya pun mungkin sama seperti yang tertera di situs resmi terkait, namun diubah sesuai keinginan si penyebar hoaks. Maka dari itu kalian perlu hati-hati dan verifikasi terlebih dahulu informasi yang kalian dapat.

Cermati Alamat Situs ataupun Sumber Informasi

Kalian harus cerdas ketika mendapat sebuah informasi, terlebih dari situs-situs yang sifatnya tidak resmi. Karena banyak sekali situs di Indonesia yang berpotensi menyebarkan hoaks. Sebab hal ini pernah disampaikan oleh Kominfo. Sehingga sebelum kalian memercayai informasi tersebut, kembali lagi jangan lupa cek di situs resmi tepercaya yang sesuai topik atau informasi.

Periksa Fakta

Nah, ketika kalian mendapat sebuah informasi, selalu biasakan diri kalian untuk memverifikasi atau cek dan ricek. Bandingkan informasi yang kalian dapat dengan situs resmi dari instansi pemerintah, portal berita tepercaya, ataupun kepolisian yang terkait. Apalagi informasi tersebut hanya berasalkan opini seseorang yang tidak berkompeten sesuai topik. Jadi selalu selektif ya sobat milenial.

Laporkan

Jika kalian telah mendeteksi bahwa informasi tersebut merupakan hoaks, maka segera laporkan kepada instansi terkait. Contohnya saja kepolisian atau Kominfo. Selain itu, bagi kalian pengguna sosial media pasti sadar akan kehadiran fitur report bukan? Nah fitur itu dapat kalian gunakan untuk melaporkan hoaks tersebut. Gimana mudah kan? Ingat lur, mari kita melek dan berantas hoaks. 

(bj/*/rij/bet/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia