Selasa, 15 Oct 2019
radarbojonegoro
icon featured
Bojonegoro

Tujuh Orang Berebut Kursi Kadis PMD 

17 Desember 2018, 09: 10: 59 WIB | editor : Ebiet A. Mubarok

Ilustrasi

Ilustrasi (unsplash.com/artist)

Share this      

BOJONEGORO – Persaingan dalam memperebutkan jabatan kepala dinas (kadis) tampaknya bakal seru. Sejumlah nama-nama tenar tampaknya tidak ingin ketinggalan kontestasi perebutan lima jabatan itu. Jabatan kadis yang lumayan seksi, yakni dinas pemberdayaan masyarakat dan desa (PMD). Sebab, ada tujuh orang yang terlibat dalam seleksi ini. Selain dinas PMD, dinas perpustakaan dan kearsipan pun cukup banyak peminatnya. Yakni, ada tujuh orang yang berebut kursi tersebut. 

Data di Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan (BKPP), nama-nama yang ikut lelang jabatan antara lain Camat Padangan Sugeng Firmanto. Sugeng mendaftar sebagai kepala DPMD. Sebelum menjabat Camat Padangan awal tahun ini, sebelumnya Sugeng menjabat kabid pemerintahan desa di dinas PMD.

Selain Sugeng, ada Nuril Anshori Sekretaris Inspektorat, dan sejumlah camat lain yang memperebutkan jabatan itu. Jabatan kadis PMD adalah yang paling banyak diminati. Termasuk Camat Kedungadem. M. Arwan pun ikut berkompetisi.

M. Arwan mengatakan, dirinya melamar di organisasi perangkat daerah (OPD) tersebut karena merasa sesuai kemampuan. Selain itu, sesuai dengan pengalamannya. Sehingga, dia merasa mampu memimpin OPD tersebut. “Ya sesuai dengan basic saya. Kalau di OPD lain saya merasa kurang pas,” ujar Camat Kedungadem itu.

Di dinas perpustakaan dan arsip pun sama diburu pelamar lelang. Di antaranya ada Camat Sugihwaras Soemarsono atau yang akrab dipanggil Soni. Selain itu, ada Sekdin Kebudayaan dan Pariwisata Ridwa Sayadi, dan Kabid SD Dinas Pendidikan Chumaidi. 

Sementara itu, persaingan seru ada di dinas pekerjaan umum (PU) bina marga. Tercatat ada tiga orang yang memperebutkannya. Mereka semua adalah camat. Yaitu, Camat Temayang Heri Widodo, Camat Baureno M. Hariyanto, dan Camat Ngambon Muridan. 

Andik Sudjarwo yang kini menjabat pelaksana tugas (Plt) dinas PU bina marga tidak ikut lelang. Sebab, jabatan definitifnya di dinas pemadam kebakaran (damkar).

Plt Kepala BKPP Bojonegoro Djoko Lukito mengatakan, awalnya ada empat yang mendaftar di dinas PU bina marga. Namun, satu orang meninggal dunia. Sehingga, yang melaju ke tahapan berikutnya ada tiga orang itu. “Ada dua orang yang dinyatakan gagal. Jadi, dari 30 pendaftar hanya 27 yang melaju tahapan selanjutnya,” ungkap dia.

Dinas perdagangan dan pasar juga ada sejumlah nama-nama tenar. Sekretaris Dinas Perdagangan Agus Hariyana dan Camat Tambakrejo Sukaemi juga ikut seleksi. Sukaemi sebelumnya adalah kabid di dinas perhubungan (dishub). 

Sementara itu, kepala BKPP juga cukup banyak ada lima pendaftar. Di antaranya Sahari Kabag Kesra, Mahmudi Sekdin Dinas Lingkungan Hidup (DLH), dan Kabag Ortala Yusnita Liasari. 

Salah satu peserta lelang jabatan Mahmudi menjelaskan, saat ini sudah memasuki tahapan pembuatan makalah. Rencananya hari ini makalah sudah harus diserahkan pada panitia di BKPP. 

“Awalnya minggu depan. Tapi diajukan Senin besok,” terangnya saat dihubungi Minggu (16/12).

Makalah yang dibuat adalah sesuai dengan OPD yang didaftari. Yaitu, seputar permasalahan di OPD itu dan solusinya. Selain itu, juga memaparkan rencana yang akan dilakukan saat menjabat,” terangnya.

(bj/zim/aam/bet/JPR)

 TOP
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia