Senin, 20 May 2019
radarbojonegoro
icon featured
She

Belajar Biologi Itu Menyenangkan

15 Desember 2018, 09: 47: 00 WIB | editor : Ebiet A. Mubarok

Anis Mukaromatul Ula

Anis Mukaromatul Ula (Istimewa/Jawa Pos Radar Bojonegoro)

SHE - Banyak yang menganggap belajar biologi itu sulit. Tetapi tidak dengan Anis Mukaromatul Ula. Dara asal Desa Tlogoagung, Kecamatan Kedungadem, itu justru menyukai ilmu biologi. Bahkan berkat ketekunannya, dia pernah menjadi peneliti spermatozoa di Balai Besar Inseminasi Surabaya. Awal kecintaannya di dunia biologi berawal ketika di bangku sekolah. Saat itu mata pelajaran biologi diajarkan oleh gurunya ramah dan menyenangkan. 

Sehingga sampai di kelas selanjutnya, dia serius mempelajarinya. “Dari situ tertarik seperti beliau. Apalagi waktu praktikum juga menyenangkan. Bahkan aku tidak menyadari kalau nilai biologiku tinggi,” kata alumnus jurusan biologi Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel.

Menurut Anis sapaannya, dalam mempelajari sesuatu harus didasari cinta. Itu bisa membuat seseorang leluasa memahami materi dengan baik. Perempuan 22 tahun tersebut mengakui, dari rasa suka terhadap pelajaran membuatnya terus berusaha. 

“Saya sampai mengikuti les privat supaya lebih bisa,” ucapnya Jumat (14/12).

Kelak, Anis berupaya menempuh kuliah strata dua (S-2) di jurusan yang sama. Karena, dia ingin menekuni bidang penelitian. “Saya ingin meneliti lebih lanjut, sebab kalau mau di lab uji makanan misalnya dia harus punya sertifikat ISO dan sebagainya. Itu tidak mudah,” katanya.

Yang penting, menurut Anis, ilmu yang didapat di bangku kuliah bermanfaat. (frd/)

(bj/*/rij/bet/JPR)

 TOP
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia