Rabu, 13 Nov 2019
radarbojonegoro
icon featured
Entertainment
Milenial

Mari Bersiap Hadapi Banjir

oleh: Amrullah Ali Moebin

08 Desember 2018, 15: 51: 55 WIB | editor : Ebiet A. Mubarok

Mari Bersiap Hadapi Banjir

Share this      

MILENIAL - Selamat datang hujan. Mari kita ucapkan dengan hati yang lapang. Sebab, hujan akan semakin sering turun di bulan ini dan bulan-bulan mendatang. Intensitas hujan yang cukup tinggi akan berdampak pada debit air Sungai Bengawan Solo pun ikut naik. 

Jadi, wajar saja. Daerah yang berdekatan dengan sungai terpanjang di Pulau Jawa ini harus bersiap jika sirine sudah berbunyi. Sebab, bunyi sirine itu menjadi petanda bahwa ketinggian muka air Sungai Bengawan Solo mulai naik. 

Nah, ucapan selamat datang banjir juga bisa disiapkan saat air sudah masuk ke dalam rumah. 

Bencana banjir akan terjadi sewaktu-waktu. Namun, semua bisa diprediksi jika melihat dari intensitas hujan ataupun kondisi tinggi muka air (TMA) sungai. Hanya, banjir bandang yang tak bisa ditebak. Sebab, ukurannya hanya air yang tiba-tiba mengalir dengan deras saja. Air tersebut kemudian masuk ke rumah. Lantas beberapa waktu kemudian banjir bisa reda.

Di Bojonegoro memang ada beberapa jenis banjir. Banjir yang disebabkan Sungai Bengawan Solo meluap. Ada istilah banjir bandang. Selain itu, ada banjir karena disebabkan drainase di perkotaan mampet. Jadi, banjir bisa melanda warga Bojonegoro sewaktu-waktu. 

Kamu yang punya rumah rawan banjir tak perlu khawatir. Radar Milenial akan berbagi cara agar kamu bisa lebih siap dan tenang saat banjir itu datang. Setidaknya, kamu sudah persiapan. (*/aam)

Bersihkan Selokan dan Sungai Terdekat 

(unsplash.com/artist)

Masih ada waktu. Jika kamu ada selokan di dekat rumah ataupun sungai di dekat rumah. Ajak warga kampung untuk kerja bakti bersama. Ini penting, sebelum hujan nanti dalam kondisi deras. Bisa-bisa kamu tak ada waktu membersihkan selokan. Bersihkan sampah plastik hingga sampah lainnya. Jangan sampai ada sampah di antara kita, eh maksudnya di selokan. Agar saat air dari hulu datang air bisa mengalir dengan tenang tanpa tersumbat oleh sampah-sampah. 

Pantau Prakiraan Cuaca 

(unsplash.com/artist)

Semua perlu memantau kondisi cuaca. Sekarang tidak sulit untuk memantau prakiraan cuaca. Lihat saja di gawaimu. Semua lengkap. Bahkan, tiap jam bisa terlihat kondisi cuaca di sekitarmu. Prediksi ini pun perlu dipadukan dengan berita di media massa. Misalnya kamu membaca Jawa Pos Radar Bojonegoro untuk memantau pemberitaan tentang bencana banjir atau lainnya. Semua informasi perlu kamu pantau jangan sampai tidak. Tapi, pantaulah informasi yang resmi dan valid. Jadi, jangan sampai menjadi korban berita hoaks tentang banjir. 

Simpan Surat-Surat Berharga 

(unsplash.com/artist)

Jika sudah menjadi langganan banjir pasti tahu apa yang harus disimpan dan disiapkan. Semua paham surat berharga di dalam rumah perlu segera diamankan. Misalkan, sertifikat rumah, ijazah, ataupun berkas-berkas lainnya yang penting. Pastikan barang-barang ini sudah aman. Simpan pada plastik atau kotak yang tidak tembus air. Simpan di tempat yang tinggi. Antisipasi jika saat banjir tiba kamu tidak sempat menyelamatkan. 

Padamkan Listrik 

(unsplash.com/artist)

Langkah ini sudah masuk saat banjir tiba. Kamu harus siap dan tak perlu gugup. Tenang saja ya saat banjir mulai datang. Matikan listrik terlebih dahulu. Khawatir ada kabel yang nanti terkena air akan berakibat fatal.

Mengungsi Lebih Awal Lebih Baik

(unsplash.com/artist)

Jika memang menjadi langganan banjir sebaiknya mengungsi lebih awal saja sebelum air memasuki rumah. Artinya, jika sudah ada tanda-tanda banjir kamu lebih baik bersiap-siap saja. Jangan menunggu air sudah tinggi lalu mengungsi, nanti akan serba repot. 

Senyum dan Menikmati

(unsplash.com/artist)

Kondisi ini memang sulit. Tapi, harus dilakukan. Semua pasti tidak ingin menjadi korban banjir. Jadi, senyum dan menikmati segalanya itu penting. Semoga banjir segera berlalu.  

(bj/aam/bet/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia