Senin, 20 May 2019
radarbojonegoro
icon featured
She

Semakin Suka Mendaki

22 November 2018, 17: 56: 07 WIB | editor : Ebiet A. Mubarok

Soviana Dwi Jayanti

Soviana Dwi Jayanti (Istimewa)

BOJONEGORO - Mendaki dan pramuka merupakan kegiatan ditekuni Soviana Dwi Jayanti. Setiap enam bulan sekali, pasti melakukan pendakian. “Ya walaupun masih di gunung biasa-biasa saja, belum terlalu tinggi tapi tantangannya juga banyak sekali,” ujar mahasiswi prodi farmasi Universitas Sunan Giri (Unugiri) Bojonegoro itu. 

Kalau pendakian pertama kali sekitar 2016. Ia mendaki Gunung Lawu jalur Cemoro Sewu. Waktu itu masih latihan, masih rombongan sekitar 15 pemuda. Kali kedua mendaki di Gunung Penanggungan. 

“Walaupun masih belum tinggi gunungnya, tapi menurut saya, jalur pendakiannya lebih sulit di Gunung Penanggungan daripada di Gunung Lawu jalur Cemoro Sewu. Jalannya licin dan menanjak,” jelasnya.

Nah, pendakian ketiga kembali menaklukkan Gunung Lawu. Namun, lewat jalur Cemoro Kandang. Saat mendaki, dia perempuan sendiri. Teman perempuannya sakit dan tidak kuat menanjak. “Itu pengalaman ekstrem banget dalam keadaan hujan dan jalannya licin. Jalurnya juga belum jelas banget seperti masih bisa kesasar ke hutan,” ucapnya.  

Menurut dia, banyak pohon yang menghalangi jalan gara-gara ada angin waktu itu. Sedangkan, pendakian keempat, menaklukkan Gunung Argopuro Lasem. Saat itu jalannya licin dan sempit. Dipakai jalan berdua sudah rawan jatuh ke jurang. 

“Tapi alhamdulillah saya bisa sampai puncak dengan selamat,” ucap gadis asal Desa Kablukan, Kecamatan Bangilan, Tuban itu.

Terkait pramuka, ketika masih duduk di bangku SMK terjun di dunia militer seperti di kodim. Ketika itu, setiap minggu ia latihan di koramil. “Latihannya benar-benar militer mulai dari makan, olahraga, sampai diajarkan membidik, bongkar pasang senjata, peta, navigasi darat itu benar-benar ekstrem,” jelasnya. 

Padahal, sebelumnya gadis akrab disapa Sovi itu terkenal manja. Tapi dari pramuka bisa mengubah dirinya menjadi pribadi tidak bergantung orang lain.

(bj/gas/rij/bet/JPR)

 TOP
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia