Minggu, 26 May 2019
radarbojonegoro
icon featured
Bojonegoro

Honorer K-2 Langsung Lolos CPNS

22 November 2018, 17: 53: 21 WIB | editor : Ebiet A. Mubarok

CPNS

CPNS (M. Nurcholish/Jawa Pos Radar Bojonegoro)

BOJONEGORO - Nasib honorer kategori dua (K-2) yang ikut seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) lebih mujur dibanding peserta jalur umum. Sebab, mereka dipastikan lolos sebagai CPNS setelah dinyatakan memenuhi nilai ambang batas (passing grade).

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Bojonegoro Zainuddin mengatakan, honorer K-2 tidak ada tes seleksi kompetensi bidang (SKB). Sehingga, yang lolos nilai ambang batas tes seleksi kompetensi dasar (SKD) dipastikan lolos sebagai CPNS. 

“Honorer K-2 yang lolos SKD dipastikan akan menjadi CPNS,” jelasnya.

Zainuddin menjelaskan, SKB hanya diperuntukkan peserta seleksi jalur umum. Sedangkan, dari jalur K-2 dipastikan tidak ada SKB. Hal itu tentunya menjadi kabar gembira bagi peserta K-2 yang lolos tes SKD pada 10-11 November lalu.

Jumlah honorer K-2 lolos seleksi SKD 91 orang. Jumlah keseluruhan ikut seleksi ada 228 orang. Padahal, kuota CPNS jalur K-2 sebanyak 246 orang. Sedangkan, jalur umum lolos seleksi mencapai 109 orang. “Untuk jalur umum harus bersiap ikut seleksi lagi,” tuturnya.

Zainuddin menjelaskan, jadwal pelaksanaan SKB masih menunggu panitia seleksi nasional (panselnas). Hingga kini belum ada keterangan mengenai kapan dilaksanakan tes. Jumlah peserta yang bakal ikut seleksi SKB juga belum ditentukan. 

“Kalau yang lolos SKD ada 109 itu. Tapi, tidak tahu berapa yang akan ikut,” jelasnya.

Zainuddin menjelaskan, jumlahnya tidak bisa diprediksi karena ada sejumlah aturan. Yaitu, berdasarkan ranking. Yang bisa ikut seleksi peserta dengan ranking 1, 2, dan 3, di formasi yang dituju. Jika dalam satu formasi ada 10 yang lolos ambang batas, maka hanya diambil 3 orang. “Itu nanti panselnas yang menentukan,” jelasnya.

Karena itu, lanjut dia, jumlah peserta SKB tidak bisa dipastikan. Sebab, semua kewenangan penuh panselnas. BKPP hanya menunggu jadwal dan jumlah peserta yang ditentukan oleh panselnas. 

Jumlah peserta seleksi CPNS tahun ini mencapai 2.251 orang. Jumlah itu sudah termasuk 228 honorer K-2. Formasi yang dibutuhkan hanya 384 orang. 

Perbandingan CPNS Jalur K-2 dan Jalur Umum

Peserta CPNS Honorer K-2

-Peserta K-2 langsung lolos CPNS.

-Tidak perlu ada tes SKB.

-Honorer K-2 yang lolos tes SKD 91 orang. 

-Jumlah keseluruhan ikut seleksi 228 orang. 

Peserta CPNS Jalur Umum

-Peserta CPNS jalur umum harus tes SKB.

-Jumlah yang lolos tes SKD 109 orang. 

-Jadwal SKB menunggu panselnas.

-Jumlah peserta ikut SKB belum ditentukan.

-Masih dilakukan pemeringkatan atau ranking.

(bj/zim/rij/bet/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia