Rabu, 14 Nov 2018
radarbojonegoro
icon featured
Bojonegoro

Selama Sepuluh Bulan Kerugian Kebakaran Rp 5 Miliar

Rabu, 07 Nov 2018 10:10 | editor : Ebiet A. Mubarok

kebakaran

kebakaran

BOJONEGORO – Kebakaran telah memakan banyak bangunan di Bojonegoro. Hingga akhir Oktober, jumlahnya mencapai 148 kali. Bahkan, jumlah kerugian materi mencapai Rp 5,9 miliar. Selain tidak mengenal musim, kebakaran juga bisa disebabkan percikan api kecil. Kondisi itu ditambah minimnya kewaspadaan masyarakat akan kebakaran.

Kabid Pemadaman Dinas Pemadam Kebakaran Bojonegoro Sukirno menjelaskan, banyaknya kejadian kebakaran tentu karena api tidak mengenal musim. Selain itu, pergerakannya cukup cepat. Sehingga, jika tidak segera dipadamkan, bisa merambat. Masalahnya, sebagian masyarakat masih belum terlalu tanggap pada bencana tersebut. 

“Meskipun percik api kecil, harus diwaspadai. Sebab, bisa merambat dengan cepat,” kata Sukirno kemarin (6/11).

Dari data dia miliki, selama Januari hingga Oktober ini, jumlah kebakaran mencapai 148 kejadian. Dengan rincian, Januari 3 kejadian, Februari (7), Maret (3), April (2), Mei (5), Juni (8), Juli (19), Agustus (31), September (36), dan Oktober (34). Dengan total kerugian mencapai Rp 5,9 miliar. Sedangkan, kejadian pada November, masih belum direkap data.  

“Untuk November ini belum kami rekap,” tutur dia. 

Dengan angka sebanyak itu, kata Sukirno, jumlah kebakaran tergolong cukup besar. Karena itu, selain mengimbau agar masyarakat lebih waspada, setidaknya sigap melapor ke pos pemadam kebakaran yang terdapat di masing-masing kecamatan. Sebab, potensi kebakaran selalu ada. Terlebih, kebakaran tidak memandang musim.  

Di musim apapun, kata dia, api bisa sangat cepat berkembang. Terutama ketika bertemu benda mudah terbakar. Karena itu, masyarakat harus lebih waspada. Tidak hanya waspada pada rumahnya. Tapi juga waspada di rumah-rumah tetangganya. Setidaknya, bisa melapor ke pos terdekat. 

(bj/zky/aam/bet/JPR)

 
Jawa Pos Digital
E-Paper
Most Read
 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia