Rabu, 14 Nov 2018
radarbojonegoro
icon featured
Entertainment
Milenial

8 Cara Membangun Personal Branding, Nomor 6 Penting Banget!

oleh: Bhagas Dani Purwoko

Selasa, 06 Nov 2018 17:15 | editor : Ebiet A. Mubarok

Personal Branding

Personal Branding (google.com)

HALO sobat milenial! Semoga kalian semua selalu dalam keadaan yang sehat sentosa. Kali ini kami ingin berbagi tips membangun personal branding untuk kalian. Teman-teman semua pasti tahu kan artinya personal branding? Bagi yang belum tahu arti, saya akan jelaskan secara singkat. 

Personal branding itu pencitraan melalui tingkah laku, keunikan, keidentikkan dari diri kalian masing-masing yang dilemparkan kepada publik. Sehingga, publik dapat menilai kalian secara cepat tanpa perlu berkenalan atau berteman dengan kalian. Secara garis besar artinya adalah “pencitraan”.

Personal branding sangat dibutuhkan setiap manusia. Sebab, biar bagaimanapun mayoritas orang menilai orang lain saat kesan pertama (first impression) bertemu. Sehingga, apabila kalian tidak memahami personal branding, bisa jadi kalian akan kesulitan saat hidup bersosial seperti mencari pekerjaan, mencari relasi, mencari rekan bisnis, dan sebagainya. 

Memang banyak orang di luar sana selalu menganggap negatif perilaku pencitraan. Padahal tidak semua pencitraan hanya bualan. Pencitraan bisa digunakan untuk hal-hal lebih positif bagi kalian yang ingin menjadi sosok yang pantas, berintegritas, berdedikasi, dan profesional di bidang yang sedang kalian geluti.

Penjelasan di atas saya kira cukup, mari kita bergeser di judul besar tulisan saya, yaitu membangun personal branding.

1. Kenali Dirimu
Kenali Dirimu

Kenali Dirimu (google.com)

Tips yang pertama ini sangat krusial, karena masih banyak orang yang tidak bisa mengenali dirinya sendiri. Mana mungkin kalian bisa melakukan personal branding apabila kalian sendiri tidak mengenal diri kalian sendiri. Cara yang mudah dilakukan adalah berkacalah di depan kaca, lalu tanya diri kalian sendiri. 

Setelah kalian mengenali diri kalian, kalian harus selalu berintrospeksi setiap saat apabila kelemahan kalian itu dapat merugikan diri kalian dan orang-orang di sekitar. Dengan kalian berintrospeksi, kalian akan mengerti bagaimana menghargai diri kalian sendiri dan orang lain.

Lalu, temukan sisi unik dari kalian yang akan kalian gunakan untuk personal branding kepada publik. Jangan terlalu sering menujukkan kelemahan kalian kepada publik, karena hal itu dapat menurunkan pasaran kalian secara drastis. Bungkus diri kalian dengan baik, agar orang ingin berteman dengan kalian. Dalam hal ini, saya tidak menyuruh Anda menjadi orang hipokrit, tapi saya hanya menyuruh Anda untuk menjadi pribadi yang hebat.

2. Selalu Belajar
Selalu Belajar

Selalu Belajar (google.com)

Yaps, jangan sampai kalian berhenti belajar. Belajar yang dimaksud adalah belajar apapun yang bisa membuat kalian lebih baik. Persaingan di luar sana sangatlah ketat, jadi kalian sudah seharusnya selalu belajar seperti mengasah soft skill dan hard skill yang baru.

Dengan begitu kalian bisa bersaing dengan baik dan lebih baik lagi kalian memiliki nilai beda di hadapan publik. Karena dalam belajar kalian dapat berinovasi, berimprovisasi, dan bervariasi.

3. Speak-up
Speak-up

Speak-up (google.com)

Semua orang yang ingin personal branding-nya terbangun harus berani speak-up. Buat apa kalian menerapkan tips-tips saya dari nomor satu hingga lima, tapi kalian sendiri tidak memiliki keberanian untuk speak-up.

Dengan menjadi orang yang lebih vokal, diri kalian akan dilihat oleh publik dan saat publik menerima kalian berarti personal branding yang sudah kalian bangun telah sampai di publik.

4. Personal Website
Personal Website

Personal Website (google.com)

Website pribadi sangat dibutuhkan untuk menaruh portofolio kalian agar dilihat oleh publik. Apabila kalian seorang graphic designer, photographer, architecture, author, atau yang lainnya, website pribadi bisa kalian jadikan sebagai rumah kalian untuk menyambut publik yang ingin menerima personal branding kalian.

Tidak perlu ngoyo dengan membeli domain dan hosting, guys. Kalian bisa memulainya dengan yang gratis-gratis aja. Lalu, tautan situs pribadi kalian tersebut nantinya bisa kalian cantumkan di akun-akun media sosial yang kalian miliki.

5. Profesional
Profesional

Profesional (google.com)

Pantaskan diri kalian di hadapan publik dan selalu menjadi orang yang profesional. Tak perlu lagi saya menjelaskan arti profesional kan? Kalian bisa merenungi sendiri arti kata ‘profesional’.

Apabila kalian sudah bisa menjadi orang yang profesional, orang-orang akan secara langsung menaruh hati kepada kalian. Apalagi di dunia kerja, profesional sangat dibutuhkan.

Apabila kalian sudah menerapkan seluruh tips saya dengan baik tapi kalian tidak mampu menjadi orang profesional, sudah pasti orang lain akan sulit memercayai kalian.

6. Attitude
Attitude

Attitude (google.com)

Tingkah laku harus kalian perhatikan, belajarlah untuk menjadi pribadi yang tidak sombong, tidak serakah, tidak munafik, dan sebagainya. Dalam membangun personal branding, kalian harus menghindari sifat-sifat buruk seperti mudah puas, tidak percaya diri, pesimis, pemalu, malas belajar, susah bergaul, dan takut mencoba.

Sifat-sifat tadi harus kalian jauhi, sebenarnya masih banyak lagi sifat buruk, namun saya yakin kalian pasti sudah tahu untuk tidak melakukan sifat buruk yang tidak saya sebut.

7. Aktif di Media Sosial
Aktif di Media Sosial

Aktif di Media Sosial (google.com)

Sudah aktifkah kalian di media sosial? Selalu mengikuti berita terkini? Jika kalian tidak up-to-date dengan sekitar berarti kalian belum siap bertemu dengan era globalisasi, maka hal yang harus kalian lakukan adalah memahami fungsi-fungsi media sosial yang sangat banyak sekarang ini.

Jika kalian ingin mendapatkan informasi yang cepat dalam bentuk linimasa, kalian harus memaksimalkan dalam bermain Twitter. Di Twitter kalian harus memiliki following yang memang benar-benar informatif dan inspiratif bagi kalian, agar kalian tidak terbawa arus kekinian yang mengharuskan kalian menjadi orang yang selalu galau. Cari teman yang sama hobinya dengan kalian di Twitter, lalu saling bertukar informasi.

Media sosial yang masih ramai digunakan sampai saat ini adalah Facebook, di situ kalian bisa menjalin pertemanan lebih luas lagi, bergabung di grup-grup yang bermanfaat, dan sebagainya. Gunakan Facebook secara bijak, biar pertemanan kalian di dunia makin luas.

Selanjutnya, ada media sosial yang bernama Linkedin. Linkedin lebih ditujukan kepada orang-orang yang sudah berumur 20 tahun ke atas, karena Linkedin adalah tempatnya untuk mencari relasi, rekan bisnis, lowongan pekerjaan, dan lain-lain. Bangun koneksimu di Linkedin, buat orang lain mengenal kalian.

Satu lagi ada Google+, kalian perlu juga membuat akun di Google+ agar lebih up-to-date. Google+ adalah kombinasi Facebook dan Linkedin. Jadi, kalian harus mencobanya.

Masih banyak lagi media sosial yang bisa kalian maksimalkan Instagram. Semua media sosial dapat kalian maksimalkan agar orang di luar sana lebih kenal dengan kalian. Tapi ingat, jangan sampai kalian ketagihan.

Jika perlu, setiap membuat akun media sosial, isilah kolom Bio atau About dengan baik dan jelas, karena deskripsi kalian tersebut bisa menjadi nilai jual kalian di mata publik.

8. Perluas Jaringan
Perluas Jaringan

Perluas Jaringan (google.com)

Setelah menjelaskan tentang media sosial di atas, sekarang kami memberikan tips kepada kalian untuk memperluas jaringan dan circle. Tips ini harus kalian terapkan, karena lingkungan sangat berpengaruh dengan perjalanan hidup kalian. Jika kalian tidak mau melakukan hal ini hanya karena kalian malas, maka jangan pernah berharap hidup kalian akan menjadi lebih baik atau lebih sukses. 

Bertemu dengan orang-orang baru akan dapat penyegaran baru, pengalaman baru, dan teman baru. Seraplah ilmu-ilmu yang dimiliki oleh orang-orang baru yang telah kalian temui atau sudah menjadi teman baru kalian. Karena di luar sana pasti sangat banyak orang-orang hebat yang tersebar.

(bj/gas/aam/bet/JPR)

 
Jawa Pos Digital
E-Paper
Most Read
 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia