Rabu, 19 Jun 2019
radarbojonegoro
icon featured
Bojonegoro

RSUD Temayang Sudah Dianggarkan Rp 80 Juta

31 Juli 2018, 12: 17: 59 WIB | editor : Fa Fidhi Asnan

ilustrasi

Ilustrasi (Istimewa/Jawa Pos Radar Bojonegoro)

BOJONEGORO - Pemkab Bojonegoro ternyata sudah menganggarkan dana untuk pembangunan RSUD Temayang tahun ini. Namun, pembangunan ditunda karena ada permasalahan pembelian tanah.“Anggaran yang diusulkan oleh Cipta Karya (DPU Cipta Karya) sebesar Rp 80 juta,” kata Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Bojonegoro Ibnu Soeyuthi. 

Ibnu menjelaskan, sebenarnya tahun ini sudah mulai dilakukan pembangunan awal. Namun, rencana tersebut harus ditunda karena ada rekomendasi dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terkait tanah tersebut. “Sehingga, pembangunannya ditunda sampai permasalahan dianggap selesai,” ungkap dia.

Menurut Ibnu, pemkab sebenarnya sudah menganggap masalah itu selesai. Sebab, sejumlah nama disebutkan dalam rekomendasi BPK sudah mengembalikan selisih uang tersebut. “Kalau uang sudah dikembalikan semua,” ungkap dia.

Pengembalian uang, kata Ibnu, dilakukan dalam tiga tahap. Tahap pertama dikembalikan Rp 400 juta. Tahap kedua senilai Rp 700 juta, dan tahap ketiga 300 juta. “Totalnya, Rp 1,4 miliar. Semuanya sudah dikembalikan ke kas daerah,” jelasnya.

Ibnu menjelaskan, dana tersebut nantinya akan masuk dalam pendapatan lain-lain yang sah. Dana itu nantinya akan dimasukkan dalam Perubahan (P)-APBD. Pembelian tanah RSUD tersebut bermasalah karena ada sejumlah pihak bermain dalam pembelian tanah itu. Itu terungkap setelah BPK menerbitkan rekomendasi bahwa harga tanah tersebut terlalu mahal. Setelah itu, BPK merekomendasikan sejumlah nama yang harus mengembalikannya.

Pemkab mengalokasikan anggaran Rp 15 miliar untuk pengadaan tanah seluas 2,5 hektare. Tanah tersebut awalnya hanya Rp 100 ribu per meter. Namun, dijual oleh sejumlah oknum pada pemkab seharga Rp 600 ribu per meter. Setelah ramai diberitakan, sejumlah nama disebut dalam rekomendasi BPK akhirnya mengembalikan selisih pembelian itu. 

(bj/zim/rij/faa/JPR)

 TOP
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia