Jumat, 21 Sep 2018
radarbojonegoro
icon featured
She

Jogging Tiap Pagi dan Sore

Senin, 30 Jul 2018 18:29 | editor : Ebiet A. Mubarok

Rani Mukaromah

Rani Mukaromah (Istimewa/Jawa Pos Radar Bojonegoro)

SHE - Rani Mukaromah saat ini masih di rumah sambil melakukan persiapan menggapai cita-citanya masuk ke Korps Wanita TNI Angkatan Darat (Kowal). Setiap harinya, dia jogging pagi dan sore. “Di sela-sela waktu itu saya pakai buat belajar yang lain, seperti materi psikotes dan banyak hal,” jelas gadis asal Desa Kabunan, Kecamatan Balen itu.

Padahal sebelumnya, usai lulus SMA, dia ingin ambil pendidikan perhotelan di salah satu sekolah perhotelan di Madiun. Awalnya dia bilang ke orang tua dan disetujui. “Tapi ketika pas sudah bayar seragam dan sebagainya mendadak orang tua saya tidak setuju,” tuturnya. Kemudian, dia lanjutkan untuk kursus bahasa Inggris di Pare, Kediri. 

Tapi, ketika di Pare baru beberapa bulan, dia disuruh daftar di salah satu sekolah pramugari Surabaya. “Jadi saya pun ke sana naik motor, hujan-hujanan, nginep di kosnya teman, biaya mrepet juga, dan alhamdulillah langsung ketrima,” jelasnya. Setelah itu, dia langsung balik ke rumah, eh ketika sampai di rumah, tiba-tiba pakdhe dan bapaknya seperti menentang. “Kurang tahu alasannya apa. Di situ kecewa berat kak, apalagi ini kan yang nyuruh mama saya sendiri. Sudah dilakuin kenapa malah kaya gini, tapi yaudah lah berusaha ikhlas lagi mungkin belum rezeki saya,” katanya.

Setelah itu, dia memutuskan menyudahi kursus bahasa Inggrisnya. Lalu memilih bekerja sambil menunggu pendaftaran Kowal lagi. Dulunya sempat cari pengalaman magang di Georesearch Indonesia Jogjakarta, magang di Pusat Sumber Daya Air Tanah dan Geologi Lingkungan Bandung, Jawa Barat, pernah kerja sebagai kasir, pernah kerja sebagai promotor konter, pernah buka online shop.

Intinya, menurut dia, jangan patah semangat kalau orang tua terkadang menentang keinginan kalian, jatuh berkali-kali bukan masalah. Kuliah memang perlu, tapi apakah pendidikan hanya bisa diperoleh di jalan kuliah saja? Turuti saja kata mereka, apabila belum bisa membuat mereka bahagia jangan buat mereka kecewa. “Nanti pada saatnya tiba, mereka akan mendukung kalian sepenuhnya apa yang kalian inginkan kok,” pungkasnya.

(bj/gas/nas/bet/JPR)

 TOP
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia