Jumat, 19 Jul 2019
radarbojonegoro
icon featured
Bojonegoro

1.345 Jamaah Haji Menuju Tanah Suci

30 Juli 2018, 18: 12: 12 WIB | editor : Ebiet A. Mubarok

MELEPAS JAMAAH: Calon jamaah haji dilepas oleh kerabat sebelum berangkat ke Asrama Haji Sukolilo. Pelapasan dilakukan di depan kantor Pemkab Bojonegoro kemarin.

MELEPAS JAMAAH: Calon jamaah haji dilepas oleh kerabat sebelum berangkat ke Asrama Haji Sukolilo. Pelapasan dilakukan di depan kantor Pemkab Bojonegoro kemarin. (M. Nurcholish/Jawa Pos Radar Bojonegoro)

Share this      

BOJONEGORO – Sejumlah 1.345 calon jamaah  haji (CJH) secara bertahap mulai diberangkatkan mulai minggu (29/7) hingga selasa (31/7). Kasi Haji dan Umrah Kemenag Bojonegoro Masrukhin menerangkan, bahwa para CJH berangkat tahun ini tetap didominasi oleh petani sebanyak 469 CJH, lalu disusul  kalangan aparatur sipil negara (ASN), 226 CJH; pedagang, 209 CJH; swasta, 201 CJH; ibu rumah tangga, 171 CJH; pensiunan, 30 CJH; TNI Polri, 17 CJH; pelajar/mahasiswa, 17 CJH; dan pegawai BUMN/BUMD, 5 CJH.

Selain itu, menurut data Kemenag ada sebanyak 968 CJH yang risiko tinggi (risti). Sehingga, pendampingan dari tenaga kesehatan terus dilakukan. Mengingat tahun lalu ada tujuh CJH asal Bojonegoro yang meninggal dunia ketika menunaikan ibadah haji. “Semoga semuanya berjalan lancar, berangkat dan pulang dalam keadaan sehat,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Bojonegoro Zainuddin membenarkan, bahwa 226 ASN berangkat haji tahun ini. Para ASN sudah mengambil cuti kurang lebih 45 hari sejak 29 Juli hingga 14 September. “Iya mereka ambil cuti selama menunaikan ibadah haji hingga selesai,” tuturnya. 

Adapun, sebanyak lima kepala organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkup Pemkab Bojonegoro juga menunaikan ibadah haji. Di antaranya, Kepala Dinas Kesehatan Ninik Susmiati; Kepala Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air Edi Susanto; Plt Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) M. Chosim; Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Amir Syahid; dan Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kamidin. “Jika terdapat kepala OPD yang berangkat, maka akan diisi pelaksana tugas (Plt) yaitu sekretaris dinas selama masa cuti,” jelasnya.

Kepala BPMPD Bojonegoro M. Chosim pun hanya ingin didoakan, ibadahnya untuk melengkapi rukun Islam kelima itu bisa lancar. Ia termasuk dalam kloter 40 dan terlihat begitu bersemangat melaksanakan ibadah haji. “Maaf ya Mas kalau ada salah, doakan semoga semuanya lancar,” ujarnya. Sementara, Muji, warga Desa Bakung, Kecamatan Kanor, juga berangkat haji masuk kloter 39. Dia sudah mempersiapkan fisik dan mentalnya agar ibadah hajinya lancar. Ketika disinggung terkait pelayanan dari Pemkab Boojonegoro, menurut dia sudah bagus dan tidak ada kendala. “Lancar semuanya kok, pokoknya nanti akan fokus beribadah,” jelasnya.

Di samping itu, perlu diketahui rombongan dari kloter 39 dan 40 yang berjumlah 890 CJH telah diberangkatkan ke Asrama Haji Sukolilo Surabaya kemarin (29/7) siang di Pendapa Malawapati Bojonegoro menggunakan 20 bus pariwisata. Kemudian, 445 CJH dari kloter 41 akan diberangkatkan sekitar pukul 02.00 dini hari tadi menggunakan 10 bus pariwisata, dan juga keesokan harinya (31/7) tujuh CJH dari kloter 44 juga diberangkatkan menggunakan bus mini sekitar pukul 15.00.

(bj/gas/nas/bet/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia