Rabu, 14 Nov 2018
radarbojonegoro
icon featured
Sportainment
Persela

Lawan Persib, Minta Pembuktian Dua Mantan

Senin, 16 Jul 2018 06:50 | editor : Ebiet A. Mubarok

PEMBUKTIAN: Shohei Matsunaga, Mantan Pemain Persib

PEMBUKTIAN: Shohei Matsunaga, Mantan Pemain Persib (Anjar Dwi Pradipta/Jawa Pos Radar Lamongan)

LAMONGAN – Persela Lamongan berambisi mencuri poin di kandang Persib Bandung nanti malam (16/7). Sebab, tim berjuluk Laskar Joko Tingkir ini ingin bertahan di papan atas klasemen sementara Liga 1. ‘’Pertandingan saya prediksi akan berjalan seru karena Persib merupakan tim bagus dalam posisi bagus,’’ tutur head coach Persela, Aji Santoso, kepada Jawa Pos Radar Lamongan, Minggu (15/7).

Saat ini, Persela dan Persib hanya terpaut satu poin. Jika memenangi laga di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), maka Persela bakal memerlebar jarak dengan Persib.

Agar dapat mewujudkan poin away, Aji bakal menerapkan strategi menyerang. ‘’Main di kandang Persib, kami akan main dengan gaya kami sendiri, yaitu menyerang,’’ tutur pelatih yang pernah menukangi timnas PSSI U-23 tersebut.

Aji membeberkan kondisi pemainnya. Hanya Saddil Ramdani yang mengalami cedera. Meski masuk dalam 18 pemain yang dibawa, Saddil juga masih kelelahan setelah membela timnas PSSI U-19. ‘’Semua pemain dalam kondisi terbaik, kecuali Saddil yang sedikit mengalami masalah di engkel,’’ katanya.

M Agung Pribadi yang sebelumnya dikabarkan cedera, sudah pulih dan siap menghadapi Persib. Aji menyiapkan Agung dan Shohei Matsunaga sebagai mantan pemain Persib. Dua pemain itu diharapkan menularkan semangat pada pemain lainnya. ‘’Mereka harus membuktikan jika Persib salah membuang mereka. Makanya Shohei dan Agung harus bermain maksimal,’’ harapnya.

Aji membutuhkan pemainnya fit karena Persib bukan tim pupuk bawang. Selain dikenal sebagai klub besar, Ezechiel Ndouasel dkk menunjukkan tren positip. Persib mampu melibas tamunya PSIS Semarang (8/7) dan menahan imbang 1-1 tuan rumah Perseru Serui (13/7). ‘’Persib memiliki materi pemain dan pelatih yang berkualitas. Itu yang harus kita waspadai. Apalagi mereka sedang dalam tren positif,’’ ujarnya.

Meski usai melakoni laga away ke Serui, Aji menilai penggawa Persib tetap siap menghadapi anak asuhnya. Sebab ada sejumlah pemain pilar yang tak dibawa ke Serui dan kemungkinan disiapkan untuk laga nanti malam.

‘’Saya amati juga kemarin ketika Persib bermain di Serui, salah satu strategi mereka tidak membawa dua striket. Itu strategi dari pelatih Persib menurut saya,’’ ujar pelatih asal Malang itu.

Menurut dia, pelatih sekaliber Mario Gomez sudah mengantisipasi kemungkinan adanya kelelahan pemain.  ‘’Yang jelas, permainan nanti mudah-mudahan pemain saya tampil fit dan bisa mendapatkan poin,’’ harapnya.

Aji juga mewaspadai tekanan di Stadion GBLA. Pelatih 48 tahun itu mengingat ketika pertama kali membesut Arema FC. Ketika pertama bermain di Bandung, ada atmosfer yang berbeda. Banyaknya suporter pendukung Persib yang datang, membuat adrenalin Aji meningkat.

‘’Saya akui suporter Bandung luar biasa dalam mencintai Persib. Mereka selalu menunjukan jika masyarakat Bandung begitu mencintai Persib,’’ imbuh pelatih yang tahun ini sedang mengejar lisensi AFC Pro tersebut.

Sebagai mantan pemain, Aji menanamkan pada pemainnya bahwa banyaknya suporter lawan yang datang, harus dibalas dengan semangat bertanding yang lebih besar. Dia berharap pemainnya tak terpengaruh dan memberikan hiburan pada suporter yang datang. ‘’Gak ada penonton saya gak suka. Ketika penonton berjubel, seharusnya pemain enjoy. Itu yang saya tekankan,’’ katanya.  

Sementara itu, bek kiri Persela Eky Taufik Febrianto, menuturkan, tim pelatih memerintahkan dirinya dan rekan-rekannya untuk fight. Menurut dia, pertandingan melawan Persib bukan laga mudah. ‘’Kita harus betul-betul kerja keras. Insya Allah dan target satu poin,’’ ujar Eky saat mendampingi Aji dalam press confererence.

Pelatih Persib, Roberto Carlos Mario Gomez, menyatakan, melawan Persela merupakan laga penting bagi timnya. Persela merupakan tim yang kuat di mata mantan pelatih Johor Darul Takzim itu. ‘’Lawan kami juga adalah tim yang kuat. Mereka ada satu poin di atas kita,’’ ujar Gomez.

Dia mewaspadai ketajaman striker Persela, Loris Arnaud. Mantan striker Paris Saint-Germain itu masuk dalam daftar marking pemain Persib. Selain itu, menurut dia, Persela memiliki gelandang bagus, yang selama ini memiliki kontribusi besar dalam kemenangan tim asal Kota Soto tersebut. ‘’Mereka juga punya penyerang yang bagus, gelandangnya juga yang dari Brasil, dia pemain yang bagus,’’ imbuhnya.

Gomez menekankan pada pemainnya untuk bisa memenangi pertandingan melawan Persela. Bermain di kandang pemainnya wajib mempersembahkan tiga poin untuk Bobotoh dan Viking, dua suporter fanatik Persib. ‘’Penting bagi kami mendapat tiga poin karena besok (nanti malam) kami akan bermain di kandang,’’ ujarnya.

Gomez menambahkan, hampir seluruh pemainnya dalam kondisi fit. Pelatih berpaspor Argentina itu hanya tidak bisa memainkan Oh Inkyun, yang mendapat sanksi dari Komisi Disiplin (Komdis) PSSI.

‘’Saya tidak mengerti kenapa terkena sanksi, tapi it’s ok. Dan untuk besok (nanti malam), saya ulangi akan menjadi laga yang penting dan lawan kuat. Tapi kita ingin menang dan itu target utama kita,’’ tuturnya.

Dia mengatakan, setelah perjalanan jauh dari Serui, tak akan mudah bagi pemain. ‘’Tapi it’s ok. Saya lihat mereka siap dan ingin meraih kemenangan. Itu yang penting,’’ tukasnya.

Sementara itu, pemain Persib, Indra Mustafa, menyatakan, laga melawan Persela menjadi laga yang menantang. Dia mengamati Persela sering meraih poin di luar kandang.  ‘’Tapi kita harus menang. Teman-teman pun termotivasi setelah ambil poin dari Perseru. Semoga besok hasilnya maksimal kita bisa menang,’’ harapnya.

Indra mengaku lebih semangat karena dipercaya lagi masuk dalam starting line-up. Dia berjanji bakal membayar kepercayaan yang diberikan pelatih kepadanya. ‘’Berusaha menampilkan kemampuan terbaik, dan apapun yang coach berikan besok (nanti malam) pada saya, akan saya maksimalin sebaik mungkin,’’ ujarnya.

(bj/jar/ind/yan/bet/JPR)

 
Jawa Pos Digital
E-Paper
Most Read
 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia