Jumat, 19 Jul 2019
radarbojonegoro
icon featured
Nduk

Yang Penting Mandiri

12 Juli 2018, 09: 12: 24 WIB | editor : Ebiet A. Mubarok

Renni Novianti Putri

Renni Novianti Putri (Istimewa/Jawa Pos Radar Tuban)

Share this      

NDUK - Wanita wajib mandiri. Renni Novianti Putri merasakan enaknya mempunyai penghasilan sendiri. Wanita 24 ini mengatakan, dengan mempunyai penghasilan sendiri, wanita tidak perlu menggantungkan hidup ke orang lain. Terlebih, kebutuhan seorang remaja putri diakuinya cukup banyak.

Selepas lulus dari Universitas negeri Malang (UM) 2017, wanita yang akrab disapa Renni ini memulai bisnis bersama kakak kandungnya. Bisnis suvenir yang sudah mempunyai pelanggan dari berbagai kota di Indonesia ini dijalaninya hampir tiga tahun. Dia pun mempunyai banyak cerita di dalamnya. ‘’Berbisnis melatih kita mandiri, sementara menjadi karyawan melatih diri lebih disiplin,’’ ungkapnya menjelaskan nilai positif dari aktivitas tersebut.

Alumni SMAN 1 Tuban ini membantah jika ada yang beranggapan berbisnis lebih enak dari pada bekerja sebagai karyawan. Atau sebaliknya.

Menurutnya, berbisnis maupun bekerja sebagai karyawan mempunyai kelebihannya masing-masing. Kelebihan berbisnis bisa memiliki pendapatan tak terbatas. Namun, di sisi lain, nasib seorang pebisnis tidak bisa ditentukan selalu mulus. ‘’Baik jadi karyawan maupun berbisnis sama-sama menguras tenaga,’’ ungkapnya.

Setelah merasakan pahit getirnya dunia perbisnisan, Renni mulai mencoba merakit karirnya. Dengan menjadi karyawati salah satu lembaga finance di Tuban, wanita berjilbab ini menerjuni hal baru. ‘’Sedikit demi sedikit sambil menabung agar bisa membuat bisnis yang lebih besar lagi,’’ katanya optimistis.

(bj/yud/ds/bet/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia