Jumat, 15 Nov 2019
radarbojonegoro
icon featured
Lamongan

Usulkan Perbaikan Dua Jembatan

10 Juli 2018, 08: 30: 22 WIB | editor : Ebiet A. Mubarok

DIUSULKAN PERBAIKAN LAGI: Jembatan Cincin masih membutuhkan perbaikan agar kondisinya tetap kukuh saat dilintasi kendaraan berat.

DIUSULKAN PERBAIKAN LAGI: Jembatan Cincin masih membutuhkan perbaikan agar kondisinya tetap kukuh saat dilintasi kendaraan berat. (Anjar D. Pradipta/Jawa Pos Radar Lamongan)

Share this      

BABAT – Balai Besar Jalan Nasional (BBJN) Perbaikan Jalan Gresik, Lamongan, dan Tuban mengusulkan perbaikan Jembatan Cincin lama dan cincin baru. Harapannya, tahun depan dapat diprioritaskan pemerintah pusat.

‘’Mulai kita usulkan untuk perbaikan total, baik di Jembatan Cincin lama maupun cincin baru,’’ tutur Tugiman, ketua PPK BBJN Perbaikan Jalan Gresik, Lamongan, dan Tuban, kepada Jawa Pos Radar Lamongan, senin (9/7).

Dia menjelaskan, perbaikan Jembatan Cincin baru rencananya dilakukan tahun ini. Anggarannya dimasukkan dalam perawatan berkala. Pos anggaran perawatan dan rehab total itu berbeda. ‘’Kita masukkan dalam usulan kita perawatan berkala kita, tapi ternyata pos anggarannya berbeda. Jadi kemungkinan rehab total baru tahun depan,’’ ujar Tugiman.

Nantinya, lanjut Tugiman, diprioritaskan penggantian pelat di rangka baja jembatan yang dibangun 1998 tersebut. Selain itu, pergantian lantai aspal di Jembatan Cincin baru.

‘’Butuh perbaikan, tapi belum terlalu urgen dan bisa dilintasi kendaraan besar. Sehingga bisa menunggu tahun depan,’’ katanya.

Sebaliknya, lanjut Tugiman, Jembatan Cincin lama diusulkan perbaikan berkala. Yakni mengganti total baja di bentang 1, 2, 4, dan 5 yang masih menggunakan baja CH Inggris. Rencananya, diusulkan untuk diganti baja merpati seperti di bentang ketiga. ‘’Itu juga nanti kita usulkan karena kita lihat kondisinya cukup memprihatinkan,’’ imbuhnya.

Tugiman menuturkan, ada lampu hijau dari pusat yang memiliki rencana untuk mengganti baja CH Inggris di seluruh jembatan Indonesia. Sebab, rangka baja CH Inggris merupakan konstruksi lama. ‘’Semoga usulan kita disetujui dan bisa dikerjakan tahun depan,’’ harapnya.

(bj/jar/ind/yan/bet/JPR)

 TOP
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia