Senin, 17 Feb 2020
radarbojonegoro
icon featured
Bojonegoro

Penetapan Tunggu Pemberitahuan MK

10 Juli 2018, 07: 16: 41 WIB | editor : Ebiet A. Mubarok

Anna-Wawan

Anna-Wawan (Ainur Ochiem/Jawa Pos Radar Bojonegoro)

Share this      

BOJONEGORO -  Penetapan bupati-wakil bupati terpilih oleh Komisi Pemilihan Umum Kabupaten (KPUK) tinggal menunggu surat pemberitahuan dari Mahkamah Konstitusi (MK). Sebab, KPUK harus memastikan tidak ada gugatan setelah penetapan hasil Pilbup 2018.

“Setelah KPUK menetapkan hasil pilbup, maka waktu tiga hari bagi paslon lain untuk mendaftarkan gugatan. Tiga hari itu dihitung selama hari kerja,” ungkap Ketua KPUK Abdim Munib senin (9/7).

Munib melanjutkan, penetapan hasil pilbup di KPUK dilaksanakan pada Kamis (5/7) lalu. Tiga hari kerja dihitung mulai Jumat (6/7), Senin (9/7), dan hari ini (10/7). Sabtu dan Minggu tidak dihitung karena libur.

Setelah tiga hari kerja tidak ada gugatan, maka MK akan memberikan surat pemberitahuan ke KPUK. Setelah itu, KPUK akan menentukan penetapan bupati-wakil bupati terpilih. “Intinya menunggu surat pemberitahuan dari MK itu, baru dilakukan penetapan,“ ungkap Munib.

Munib melanjutkan, jika di MK ada gugatan, maka pelaksanaan penetapan bupati-wakil bupati terpilih belum bisa dilaksanakan. Sebab, menunggu hasil gugatan di MK tersebut selesai. Namun, jika tidak ada gugatan, maka penetapan bisa segera dilaksanakan.

Sejauh ini, belum ada informasi mengenai adanya gugatan dari pasangan calon (paslon) lain. Sebaliknya, santer beredar kabar bahwa para mantan paslon tersebut akan maju ke pemilihan legislatif (Pileg) 2019.

Munib menjelaskan, mantan paslon Pilbup 2018 bisa mendaftar dalam Pileg 2019. Baik sebagai caleg DPRD, DPRD Provinsi, maupun DPR RI. “Tidak ada larangan bagi mantan paslon untuk mendaftar caleg,“ jelasnya.

Sejak dibuka pada 4 Juli lalu, KPUK belum menerima satu pun partai politik (parpol) yang mendaftar. Padahal, sejumlah parpol sudah mengaku memenuhi jumlah calegnya di setiap daerah pemilihan (dapil). “Hingga kini belum ada yang mendaftar,“ jelasnya.

Pendaftaran caleg ditutup 17 Juli nanti. Sehingga, masih tersisa 8 hari bagi parpol untuk mendaftarkan bakal calon legislatif (bacaleg).

(bj/*/zim/nas/bet/JPR)

 TOP
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia