Rabu, 13 Nov 2019
radarbojonegoro
icon featured
Bojonegoro

Warga Usir Penambang Pasir dengan petasan

28 Juni 2018, 06: 00: 59 WIB | editor : Fa Fidhi Asnan

ilustrasi

Ilustrasi (Istimewa/Jawa Pos Radar Bojonegoro)

Share this      

PADANGAN - Kesabaran warga Desa Kuncen, Kecamatan Padangan, terhadap aktivitas penambang pasir ilegal dilu­apkan, rabu (27/6). Uniknya warga mengusir penambang pasir di Sungai Bengawan Solo dengan menggunakan mercon atau petasan.

Langkah ini dilakukan karena berulang kali diperingatkan para penambang pasir liar masih beraktivitas di bantaran sungai. Juga, pihak berwenang dinilai lamban menangani. ‘’Warga turun sendiri. Tidak ada perlawanan dan penambang sudah pergi,” kata Handoyo, warga sekitar bantaran sungai Desa Kuncen rabu (27/6).

Handoyo menjelaskan, warga iuran membeli mercon untuk dinyalakan ke arah para penambang. Bahkan, sejumlah warga menggunakan perahu menghampiri para penambang yang ditaksir berjumlah sebanyak 20 perahu bermuatan pasir tersebut. 

Selain itu, warga di atas bantaran bersiap membawa ketapel dan kerikil untuk dihantamkan kalau-kalau para penambang melawan. Untungnya, tidak ada perlawanan dari para penambang. Penambang ilegal itu membawa pergi perahunya. “Alhamdulillah mereka sudah pergi sekarang,” imbuh dia. 

Emosi warga hingga mengusir paksa para penambang tentu bukan tanpa alasan. Sebab, berulang kali diingatkan, para penambang bandel dan tidak pergi. Warga, menurut Handoyo, berharap agar tidak ada penambang pasir di kawasan bantaran desa. Sebab, rumah mereka sangat dekat dari bantaran. Jika kegiatan itu diteruskan, rumah warga terancam longsor. 

Kepala Satpol PP Bojonegoro Achmad Gunawan mengatakan, para penambang memang melakukan kegiatan ilegal dan membahayakan. Selain tidak mengantongi izin penambangan, posisi mereka juga berada di dekat jembatan. “Kita mengimbau penambang agar mematuhi ketentuan dan peraturan,” tegasnya. (zky/rij)

(bj/zky/rij/faa/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia