Jumat, 21 Sep 2018
radarbojonegoro
icon featured
Ekonomi Dan Bisnis

Bisnis Desain Grafis Sasar Luar Kota

Kamis, 28 Jun 2018 07:10 | editor : Ebiet A. Mubarok

Ilustrasi

Ilustrasi (Istimewa/Jawa Pos Radar Bojonegoro)

BOJONEGORO - Sektor bisnis desain grafis semakin meluas. Mampu menjangkau konsumen luar kota. Selain itu, pelaku usaha ini jumlahnya kian banyak. Hanya, pelaku usaha sektor ini memilih menjadi pekerja lepas. Indikasinya jam kerjanya lebih lunak dan tidak terikat. Mereka modal gencar promosi dan bisa memberikan hasil desain yang memuaskan sesuai dengan permintaan klien.

Andre Kurniawan salah satu desainer grafis lepas mengatakan, banyak pengusaha muda merintis usaha memikirkan logo usahanya. Namun tak sedikit juga tak acuh terhadap hal tersebut dan tidak memiliki niat untuk melakukan branding. Dia menyebutkan harga jasa membuat logo di Bojonegoro masih tergolong murah.

“Di Bojonegoro saya hanya berani pasang harga mulai dari Rp 50 ribu hingga 200 ribu, tergantung tingkat kesulitannya,” jelasnya.

Namun, Andre mengaku masih ada yang mengeluh dengan harga tersebut. Sehingga dia juga banyak menerima pesanan dari klien luar kota. Menurut dia, membuat logo bukan perkara mudah. Tidak hanya jago desain, namun berfilosofi juga penting. Karena logo merupakan nyawa sebuah usaha yang sedang dijalankan.

Meski UMKM di Bojonegoro yang mulai paham bahwa logo itu belum terlalu banyak. Karena itu, Andre setidaknya hanya mampu memperoleh orderan sebanyak 5-10 klien lokal. “Kalau klien luar kota bisa mencapai 15 klien,” ujarnya.

Terpisah, Sigit desainer grafis lepas lainnya mengatakan, jasa pembuatan logo di Bojonegoro belum selaris di kota-kota besar. Masih banyak orang menganggap logo berharga ratusan ribu itu tidak masuk akal.

“Logo masih kurang dihargai di Bojonegoro. Padahal banyak desainer grafis logo menjual hasil desainnya seharga puluhan juta,” ujarnya.

“Kalau ditotal klien dalam dan luar kota kurang lebih 10-an klien per bulannya. Tetapi hal terpenting ialah mereka puas dan bisa menghargai karya,” lanjut dia.

(bj/gas/rij/bet/JPR)

 TOP
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia