Minggu, 17 Nov 2019
radarbojonegoro
icon featured
Sportainment
Porprov

Tidak Diperkuat Agustina Sari di Porprov

18 Juni 2018, 07: 00: 59 WIB | editor : Ebiet A. Mubarok

ATLET NASIONAL : Agustina Sari yang saat ini menjadi atlet nasional yang dipersiapkan untuk Asian Games 2018.

ATLET NASIONAL : Agustina Sari yang saat ini menjadi atlet nasional yang dipersiapkan untuk Asian Games 2018. (M. Mahfudz Muntaha/Jawa Pos Radar Blora)

Share this      

BLORA – Kontingen Blora dipastikan tidak diperkuat atlet panjat tebing andalannya, Agustina Sari, pada pekan olahraga provinsi (porprov) Jateng nanti. Sebab dia tidak lagi menjadi atlet milik Blora, karena sudah menjadi atlet nasional. ‘’Sehingga tidak diperbolehkan turun dalam porprov,’’ kata Ketua Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Blora, Nur Fatoni minggu (17/6).

Menurut dia, Agustina Sari saat ini sedang dipersiapkan mengikuti Asian Games dan kejuaraan dunia lain, membawa nama Indonesia. ''Agustina Sari sekarang sudah milik negara,'' ujarnya.

Dia melanjutkan, karena menjadi atlet nasional, sehingga dia sudah bertaraf internasional. Kejuaraan dunia pertama yang diikuti adalah kejuaraan International Federation of Sport Climbing (IFSC) Climbing World Cup Moscow, Rusia 2018 pada 21-22 April lalu. Saat itu masuk delapan besar dunia nomor speed world record. ‘’Dia berangkat ke Rusia bersama sejumlah atlet panjat tebing Indonesia yang masuk tim nasional (timnas) Asian Games 2018,’’ ujarnya.

Mneurut dia, kejuaraan dunia panjat tebing di Rusia itu  diikuti puluhan negara dari benua Asia, Eropa, Amerika dan Australia. Di babak delapan besar, Agustina Sari mengalami fall (terjatuh, red). Sehingga gagal masuk babak berikutnya. ‘’Saat itu dia kalah dengan rekan satu tim dari Indoensia, Aries Susanti Rahayu yang berhasil masuk semifinal,’’ ungkapnya.  

Fatoni melanjutkan, laga internasional kedua yakni di seri kejuaraan International Federation of Sport Climbing (IFSC) Climbing World Cup di Chongqing dan Tai’an China (13/5). Agustina Sari pada kejuaraan itu mampu meraih medali perak atau mencatatkan namanya sebagai atlet tercepat nomor dua dunia. 

Di Tai’an Agustina Sari menorehkan prestasi terbaik. Mengawali pertandingan babak penyisihan speed world record dengan menundukkan pemanjat tebing tuan rumah China, Ni Mingwei. Di babak perdelapan final, Agustina Sari menyingkirkan Marenych Alla dari Ukraina. Melaju ke perempat final, giliran Maria Krasavina dari Rusia yang takluk dari Agustina Sari.

Di babak semifinal, Agustina Sari berjumpa atlet Polandia, Brozek Anna. Usai menundukan pemanjat tebing Polandia tersebut, lalu bertanding melawan Jaubert Anouck dari Francis di babak final. Namun sayang, di laga pamungkas tersebut, Agustina Sari kalah. Selisih waktu kedua finalis itu sangat tipis, hanya 8 second. Jaubert Anouck finis dengan torehan waktu 7,62 detik. Sedangkan Agustina Sari 7,74 detik.

Di seri ke tiga ini Agustina Sari mampu mengunguli Aries Susanti, yang sebelumnya mendapatkan mendali emas di IFCS di Chongqing. Aries Susanti harus puas berada di peringkat ketiga atau di bawah Agustina Sari.

(bj/fud/feb/bet/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia