Rabu, 14 Nov 2018
radarbojonegoro
icon featured
Ekonomi Dan Bisnis

Jasa Penitipan Hewan Kebanjiran Order

Kamis, 14 Jun 2018 00:59 | editor : Ebiet A. Mubarok

LARIS : Seorang petugas jasa penitipan hewan sedang merawat hewan yang sedang dititipkan. Menjelang lebaran kebanjiran order.

LARIS : Seorang petugas jasa penitipan hewan sedang merawat hewan yang sedang dititipkan. Menjelang lebaran kebanjiran order. (Bhagas Dani Purwoko/Jawa Pos Radar Bojonegoro)

BOJONEGORO – Menjelang Lebaran, jasa penitipan hewan kebanjiran order. Warga pemilik hewan yang sedang mudik atau melakukan liburan, lebih memilih menitipkan hewan peliharaannya ke jasa penitipan hewan. Salah satu pemilik klinik hewan yang melayani jasa penitipan hewan di Jalan Gajahmada Bojonegoro, Ranis Mardiana mengungkapkan, memang ada momen-momen tertentu jumlah pengguna jasa penitipan hewan meningkat secara signifikan.

Setidaknya dalam setahun ada momen mudik Lebaran, natal, dan liburan sekolah. Saat itu biasanya para pemilik hewan harus meninggalkan rumah dalam jangka waktu lama. Sehingga tidak bisa mengurus hewan peliharaannya. “Saat ini saja sudah ada 10 ekor kucing yang dititipkan. Prediksi saya bisa mencapai 20 ekor kucing,” ujarnya. 

Menurut dia, di Bojonegoro masih didominasi pecinta kucing. Sehingga kalangan jasa penitipan hewan memprioritaskan kucing dulu. Karena, kalau ada yang ingin menitipkan anjing, belum mempunyai kandang atau ruang terpisah, agar kucing tidak stres. “Kalaupun ada pemilik anjing yang menitipkan, acap kali ras yang ukuran besar,” ungkapnya. 

Dia mengungkapkan, biaya penitipan hewan sebesar Rp 35 ribu per hari. Di klinik tersebut juga sudah difasilitasi AC dan asupan makanan. “Konsumen bisa bawa pakan sendiri, jadi kami menyesuaikan saja,” ujarnya.

Menurut dia, rata-rata hewan dititipkan hingga tanggal 20 Juni. Di kliniknya juga menerapkan, seluruh konsumen yang ingin menitipkan kucingnya wajib ditimbang dan dicek kesehatannya. “Apabila terbukti sakit, pemilik harus tahu. Karena mungkin saja ada hal yang tidak dinginkan seperti meninggal,” ujarnya. 

Dia juga selalu menanyakan apakah kucingnya ada perlakuan khusus. Sehingga kucing bisa nyaman selama dititipkan.

Seorang pengusaha jasa penitipan hewan peliharaan lainnya di Jalan Untung Suropati Bojonegoro, Ana Zulaika menambahkan, pasti ada kenaikan jumlah hewan peliharaan yang dititipkan selama musim liburan. Mayoritas hewan yang dititipkan adalah kucing. Biaya yang ditawarkan ekonomis, yakni Rp 15 ribu hingga Rp 20 ribu per hari. “Setidaknya tiap minggu ada 2 hingga 3 ekor kucing. Kalau musim liburan bisa mencapai 10 ekor,” pungkasnya.

(bj/gas/feb/bet/JPR)

 
Jawa Pos Digital
E-Paper
Most Read
 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia