Selasa, 23 Jul 2019
radarbojonegoro
icon featured
Bojonegoro

Alhamdulillah, THR PNS Cair mulai Hari ini

04 Juni 2018, 19: 05: 53 WIB | editor : Ebiet A. Mubarok

Ilustrasi

Ilustrasi (Istimewa/Jawa Pos Radar Bojonegoro)

Share this      

BOJONEGORO – Gaji ke-14 atau tunjangan hari raya (THR) aparatur sipil negara (ASN) cair mulai Selasa  (5/6). Sebab, usulan gaji ke-14 tersebut baru masuk ke Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Senin (4/6). “Besok (hari ini) OPD baru mulai mengajukan pencairan gaji ke -14,” ungkap Kepala BPKAD Bojonegoro Ibnu Soeyuthi minggu (3/6).

Ibnu melanjutkan, hari ini yang akan cair terlebih dulu adalah gaji induk. Biasanya gaji induk cair setiap tanggal 2 atau 3. Namun, karena ada libur panjang, maka baru dicairkan hari ini. Besoknya cair THR. Kemudian, Rabu akan cair lagi tambahan penghasilan pegawai (TPP). “TPP cair terakhir,” terang Ibnu minggu (3/6).

Bulan ini ASN memang menerima gaji sampai tiga kali. Sebab, cairnya memang bersamaan dengan hari raya. Besaran yang diterimanya pun satu kali gaji. “Rabu sudah selesai semuanya,” jelasnya.

Bulan ini, ASN menerima gaji ke-14. Namun, bulan depan akan menerima gaji ke-13. Gaji ke-14 memang diterimakan dulu dibanding ke-13. Sebab, gaji ke-14 ASN adalah THR. Sedangkan ke-13 adalah tunjangan untuk anak sekolah. “Istilahnya untuk persiapan anak daftar sekolah. Meskipun ASN yang belum memiliki anak juga dapat,” jelasnya.

Kondisi itu berbeda dengan para honorer. Hingga kini para honorer masih belum ada kejelasan mengenai pencairan tunjangan kinerja mereka. Bahkan, mereka bisa dipastikan tidak akan menerima tunjangan itu sebelum Lebaran. Sebab, dinas pendidikan (disdik) memprediksi tunjangan kinerja itu bisa dicairkan usai Lebaran.

Kepala Bidang Ketenagaan Disdik Bojonegoro Aunur Rofiq menjelaskan, pencairan tunjangan itu dilakukan tiga bulan sekali. Terakhir pencairan dilakukan Maret lalu. Sehingga, pencairan berikutnya dilakukan akhir Juni mendatang. “Saat ini memang belum waktunya,“ ungkap Rofiq.

Rofiq menjelaskan, pihaknya saat ini juga belum mengajukan pencairan ke BPKAD. Sebab, masih belum waktunya. Namun, pihaknya berjanji akan segera melakukan proses pencairannya.

“Kita kumpulkan data-datanya dulu. Kalau pencairannya akan kita rapatkan dulu, apakah bisa dipercepat atau tidak,“ jelasnya. Menurut Rofiq, sesuai jadwal pencairan akan dilakukan akhir Juni. Artinya setelah Lebaran. Namun, itu nanti tergantung keputusan setelah dilakukan rapat.

(bj/zim/nas/bet/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia