alexametrics
Selasa, 26 Jan 2021
radarbojonegoro
Home > Bojonegoro
icon featured
Bojonegoro

Kuota Transmigrasi Tak Terpakai

02 Juni 2018, 07: 00: 59 WIB | editor : Fa Fidhi Asnan

ilustrasi

Ilustrasi (Istimewa/Jawa Pos Radar Bojonegoro)

Share this      

BOJONEGORO - Tahun ini sebenarnya ada kuota dua kepala keluarga (KK) akan diberangkatkan ke Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Namun, ketika sudah dirapatkan, ternyata Pemkab Tana Toraja menyatakan belum siap terhadap fasilitas-fasilitas bagi para transmigran. Alasannya, karena di lokasi jujukan memang baru mau pembukaan awal. “Tahun ini tidak ada yang berangkat.

Padahal Bojonegoro diberi kuota dua KK,” ujar Plt Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan Harindra. Rencananya dua kabupaten memperoleh kuota ke Tana Toraja, yakni Bojonegoro dan Kediri. Sehingga, kedua kabupaten ini batal memanfaatkan kuota tersebut. “Kemungkinan tahun depan, Bojonegoro dan Kediri memeroleh kuota dobel sebagai pengganti kuota tahun ini yang gagal terpakai,” jelasnya.

Sementara itu, peminat transmigrasi tahun ini masih belum banyak. Yakni, 10 pendaftar. 10 pendaftar itu sudah memiliki jadwal antrean, tetapi beberapa calon transmigran hanya mau berangkat kalau tujuan transmigrasinya di wilayah Kalimantan. Karena, mereka memeroleh informasi sudah banyak orang Bojonegoro yang sukses di sana. “Rata-rata ingin ke Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara,” ujarnya.

Hal tersebut tentu susah, karena kuota transmigrasi berasal dari pemerintah pusat. Karena itu, pihaknya terus menyosialisasikan kepada seluruh warga berminat transmigrasi. “Kami pasang poster di balai desa di kecamatan banyak jumlah penduduknya. Karena masih banyak orang menganggap sudah tidak ada lagi program transmigrasi,” tuturnya.

(bj/gas/rij/faa/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia